» » » » Guru Akan Diberi Materi Pendidikan Karakter

Guru Akan Diberi Materi Pendidikan Karakter

Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Mendikbud meminta LPMP supaya dapat memasukkan program PPK dalam pelatihan Kurikulum 2013.
Pemerintah saat ini tengah memperkuat pendidikan karakter di sekolah melalui program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Untuk itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mendorong Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) supaya dapat memasukkan program PPK dalam pelatihan Kurikulum 2013.

Baca: Modul Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru

"Penerapan kurikulum 2013 dapat diterjemahkan dalam implementasinya disinkronkan kepada kebijakan pemerintah, khususnya dalam penerapan Penguatan Pendidikan Karakter. Program PPK dapat menyatu dalam penerapan kurikulum pendidikan yang dijalankan," kata Mendikbud yang SekolahDasar.Net kutip dari Okezone (04/05/17).

Mendikbud mengatakan hingga saat ini PPK sudah diterapkan di 1.500 sekolah. Ia berharap Kurikulum 2013 dapat menyesuaikan pada program PPK. Pelatihan yang saat ini dilakukan dapat memasukkan materi tentang PPK, karena tahun ini ditargetkan sebanyak 15 ribu sekolah akan menerapkan program PPK.

Sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), dasar penerapan pendidikan karakter dibedakan atas jenjang pendidikan. Untuk jenjang sekolah dasar (SD) porsi pendidikan karakter sebesar 70%, sekolah menengah pertama (SMP) 60%, serta sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat 40% dan sisanya ilmu pengetahuan.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 4 Mei 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA