» » » » Guru Harus Ajarkan Siswa Berpikir Kritis, Ini Alasannya

Guru Harus Ajarkan Siswa Berpikir Kritis, Ini Alasannya

Guru Harus Ajarkan Siswa Berpikir Kritis, Ini Alasannya
Pembelajaran akan semakin hidup serta terjadi pola interaksi, baik antar guru dengan siswa, atau antar sesama siswa.
Guru harus dapat mengarahkan dan mengembangkan siswa untuk dapat berpikir kritis. Hal ini dikatakan Direktur Global Sevilla School, Robertus Budi Setiono. Menurutnya ini untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi tantangan dunia.

"Kita harus memberikan kesempatan bagi anak untuk berpikir kritis. Anak-anak milenial saat ini tidak bisa diajarkan dengan pola satu arah," kata Budi yang SekolahDasar.Net kutip dari Antara (18/05/17).

Seharusnya pola pembelajaran yang dikembangkan pada saat ini adalah bagaimana mendorong anak-anak dapat memiliki argumen atas tema maupun teori yang ada. Serta bagaimana pandangan mereka atas sebuah tema yang ada.

Dengan demikian, pembelajaran akan semakin hidup serta terjadi pola interaksi, baik antar guru dengan siswa, atau antar sesama siswa. Sehingga tidak ada lagi pelajaran yang catatan siswa sama semua.

Baca: 4 Hal yang Mencerminkan Pembelajaran Abad 21

Sekolah-sekolah harus mulai melakukan perubahan pola pembelajaran. Dengan dikembangkan belajar berpikir kritis, sehingga pembelajaran di kelas menyenangkan. Menurutnya, pola-pola pembelajaran tersebut merupakan bagian dari kurikulum internasional.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 18 Mei 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA