Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG untuk Guru SD

Kisi-Kisi dan Soal Latihan Pretest PPG Guru SD
Download kisi-kisi dan soal latihan dan kunci jawaban soal pretest PPG untuk guru SD.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerapkan aturan baru dalam program sertifikasi guru. Mulai tahun 2018, program sertifikasi guru dilaksanakan melalui pola Pendidikan Profesi Guru (PPG). Sertifikasi guru melalui pola PPG ini membutuhkan waktu lebih lama dibanding dengan pola sebelumnya, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Kemendikbud telah melaksanakan pendataan calon peserta PPG. Pendataan peserta PPG ini merupakan tindak lanjut dari Permen Nomor 19 tahun 2017 yang menyatakan bahwa guru dalam jabatan yang diangkat sampai akhir tahun 2015 dan telah memiliki kualifikasi S-1/D-IV tetapi belum memiliki sertifikat pendidik dapat memperoleh sertifikat pendidik melalui PPG.

Untuk menjadi calon peserta sertifikasi guru melalui PPG maka guru harus memenuhi syarat, salah satunya guru harus terdaftar di Aplikasi Dapodik dan SIM PKB. Guru dapat login di aplikasi SIM PKB kemudian mengecek apakah termasuk nominasi calon peserta PPG atau tidak. Jika masuk, guru harus mengikuti ujian pretest PPG untuk masuk prioritas peserta sertifikasi guru.

Kisi-Kisi Soal Pretest PPG

Kisi-kisi soal Pretest PPG tahun 2017-2018 masih mengacu pada kisi-kisi yang UKG versi rilis terakhir. Untuk sekedar mengatuhi lingkup materi yang diujikan, guru dapat mempelajari kisi-kisi prestest PPG. Walaupun cakupan materi dalam kisi-kisi tersebut sangat luas atau tidak operasional setidaknya dapat menjadi bahan bagi guru untuk menentukan materi yang dipelajari.

Khusus bagi guru Sekolah Dasar (SD) baik guru kelas rendah (awal) dan guru kelas tinggi dapat mendownload kisi-kisi pretest PPG tahun 2018-2018 melalui tautan berikut ini:


Soal Latihan Pretest PPG Guru SD

Untuk mempermudah bguru dalam menghadapi ujian pretest PPG 2017/2018, dapat dilakukan dengan mendownload kumpulan atau contoh soal latihan pretest PPG 2017/2018 yang dilengkapi dengan kunci jawaban. Sehingga bisa dipelajari untuk persiapan menghadapi pretest PPG dan akhirnya mendapatkan nilai yang memuaskan serta bisa mengikuti sertifikasi guru tahun 2018.

Soal yang diujikan pada pretest PPG terdiri dari kompetensi pedagogik dan soal profesional dalam bentuk pilihan ganda berjumlah kurang lebih 100 soal. Materi yang nantinya diujikan dalam pretest terdiri dari 4 kelompok materi soal yakni: 40 soal Potensi Akademik , 20 Soal Pedagogik (20 Menit), 40 s.d 70 Soal Bidang Keilmuan dan 15 Soal Bakat/Minat.

Soal-soal latihan pretest yang disertai dengan kunci jawaban untuk guru SD baik guru kelas rendah (awal) dan guru kelas tinggi dapat didownload melalui tautan berikut ini:

1. SOAL PRETEST PPG DAN KUCI JAWABANNYA (100 SOAL)

2. SOAL LATIHAN PRETEST PPG (PASSWORD: resmi)

3. SOAL LATIHAN PPG DAN KUNCI JAWABAN (150 SOAL)

4. CONTOH SOAL PPG GURU KELAS SD (100 SOAL)

5. SOAL-SOAL PLPG GURU SD

Pretest PPG sendiri rencananya akan dilakukan secara online dengan sistem komputerisasi. Setiap guru harus mempersiapkan diri sebaik mungkin akar dapat mengerjakan soal pretest PPG dengan baik dan memperoleh nilai yang bagus dan dapat lulus seleksi calon peserta PPG. Salah satunya dengan mengerjakan contoh soal PPG, PLPG dan UTN di atas.