» » » » BSNP Terbitkan POS USBN SD Tahun 2018, Ini Filenya

BSNP Terbitkan POS USBN SD Tahun 2018, Ini Filenya

BSNP Terbitkan POS USBN SD Tahun 2018,  Ini Filenya
File dokumen POS USBN SD tahun pelajaran 2017/2018. 
Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, yang selanjutnya disebut POS USBN untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan sederajat telah diterbitkan. POS USBN ini mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.

Dalam POS POS USBN SD memberikan acuan terkait; ketentuan umum, peserta ujian, penyelenggara ujian, bahan ujian (kisi-kisi), jadwal pelaksanaan ujian. Setelah menetapkan kisi-kisi USBN dan menyusun POS USBN. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) melakukan sosialisasi dan publikasi USBN tahun 2018.

Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Selengkapnya file dokumen POS USBN SD tahun pelajaran 2017/2018 resmi BSNP dengan format .pdf tersebut dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Tahun ini Kemendikbud menerapkan USBN untuk jenjang SD. Ada sedikit perbedaan pelaksanaan ujian sekolah dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu, ujian akhir satuan pendidikan pada jenjang SD menggunakan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Istilah USBN mulai diberlakukan pada tahun pelajaran 2016/2017 untuk SMP, SMA, dan SMK.

USBN tahun ini mengalami pengembangan, untuk jenjang SD, yakni 75 - 80 persen soal ujian disiapkan oleh guru mata pelajaran pada satuan pendidikan dan dikonsolidasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG). Tahun lalu, soal disiapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan semua soal berbentuk pilihan ganda.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 9 Februari 2018
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA