Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Prota dan Promes Semester 2 Kelas 5 Kurikulum 2013

Prota dan Promes Semester 2 Kelas 5 Kurikulum 2013
Prota dan Program semester 2 kelas 5 SD/MI sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi terbaru.
Salah satu kelengkapan dalam proses pembelajaran yang harus dibuat guru, khususnya guru kelas 5 SD/MI adalah Program Tahunan atau Prota. Kurikulum 2013 di kelas 5 SD/MI dilaksanakan dengan pendekatan metode tematik terpadu. Prota adalah program yang dibuat di awal tahun pelajaran merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti Program Semester (Promes).

Prota merupakan rencana waktu yang akan dilaksanakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dalam satu tahun atau dua semester. Untuk menyusun Prota Kurikulum 2013 kelas 5 cukup mudah. Setiap tema terdiri dari 3 subtema dan setiap subtema dilaksanakan 6 kali pembelajaran serta 1 kali ulangan harian. Sehingga setiap subtema memakan alokasi waktu 28 jam pertemua.

Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Perangkat pembelajaran ini merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan. Selengkapnya Prota Kurikulum 2013 kelas 5 SD/MI bisa didownload melalui tautan dibawah bersama Promes.

Baca: Buku Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Semester 2

Program semester atau ada yang menyebutnya Promes dan Prosem adalah penjabaran dari Prota yang telah dibuat oleh guru. Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Promes disusun tidak lagi berdasarkan mata pelajaran, melainkan tema dan setiap tema terdiri dari beberapa sub tema.

Program semester Kurikulum 2013 untuk kelas 5 SD/MI merupakan rencana waktu yang akan dilaksanakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dalam satu semester. Termasuk waktu ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Prota dan Program semester 2 kelas 5 SD/MI sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi terbaru dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Selanjutnya Anda dapat mengubah atau menyusun kembali Program semester tersebut sesuai dengan tema dan alokasi waktu sesuai dengan kalender pendidikan. Tema-tema pembelajaran kelas 5 SD/MI semester 1 Kurikulum 2013 adalah; tema 6 - Kalor dan Perpindahannya, tema 7 - Peristiwa dalam Kehidupan, tema 8 - Lingkungan Sahabat Kita, tema 9 - Benda-benda di Sekitar.