» » » » Buku Matematika K13 untuk SD/MI Kelas 6

Buku Matematika K13 untuk SD/MI Kelas 6

Buku Matematika Kelas 6 SD
Buku Matematika untuk kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 (K13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 4, 5 dan 6 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik.

Matematika SD Kurikulum 2013 menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri. Hal Ini berdasarkan Permendikbud tentang penetapan judul buku teks pelajaran matematika serta PJOK yang tertuang dalam Permendikbud No. 24 tahun 2016 pada Bab I pasal 1 item 3.

Untuk mata pelajaran Matematika di kelas tinggi, pada buku Tematik Terpadu kedalaman materinya terasa dangkal. Oleh karena itu, siswa tidak mendapatkan pemahaman konsep matematika secara mendalam. Sehingga, perlu digunakan buku Matematika secara terpisah.

Buku sebagai bahan ajar pada K13 terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa. Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sedangkan Buku Siswa disusun berbasis aktivitas sebagai salah satu penunjang penerapan K13 di SD.

Baca: RPP Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013

Materi pokok Matematika kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

  • Operasi Hitung Campuran
  • Operasi Hitung Bilangan Pecahan
  • Lingkaran
  • Bangun Ruang
  • Gabungan Bangun Ruang

Kemendikbud memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh buku teks secara elektronik atau buku sekolah elektronik (BSE) untuk mempermudah proses belajar mengajar di sekolah. Buku Matematika untuk kelas 6 SD/MI dapat didownload melalui tautan berikut:


Salah satu alasan digunakan buku Matematika secara terpisah karena Matematika memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian matematika bersifat abstrak, metode untuk melakukan kajian terhadap objek yang bersifat deduktif.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 6 Agustus 2018

KOMENTAR ANDA