Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Buku Matematika Kelas 4 SD Kurikulum 2013

Buku Matematika Kelas 4 SD Kurikulum 2013
Buku Matematika untuk kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 (K13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 4, 5 dan 6 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik.

Matematika SD Kurikulum 2013 menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri. Hal Ini berdasarkan Permendikbud tentang penetapan judul buku teks pelajaran matematika serta PJOK yang tertuang dalam Permendikbud No. 24 tahun 2016 pada Bab I pasal 1 item 3.

Untuk mata pelajaran Matematika di kelas tinggi, pada buku Tematik Terpadu kedalaman materinya terasa dangkal. Oleh karena itu, siswa tidak mendapatkan pemahaman konsep matematika secara mendalam. Sehingga, perlu digunakan buku Matematika secara terpisah.

Buku sebagai bahan ajar pada K13 terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa. Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sedangkan Buku Siswa disusun berbasis aktivitas sebagai salah satu penunjang penerapan K13 di SD.

Baca: Buku Matematika K13 untuk SD/MI Kelas 6

KOMPETENSI DASAR (KD) MATEMATIKA KELAS 4

3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret

3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya

3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal

3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan

3.5 Menjelaskan bilangan prima

3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

3.7 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat

3.8 Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan

3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua

3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret

3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang

3.12 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat

DOWNLOAD BUKU MATEMATIKA KELAS 4 SD/MI

Kemendikbud memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh buku teks secara elektronik atau buku sekolah elektronik (BSE) untuk mempermudah proses belajar mengajar di sekolah. Buku Matematika untuk kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 dapat didownload melalui tautan berikut:


Salah satu alasan digunakan buku Matematika secara terpisah karena Matematika memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian matematika bersifat abstrak, metode untuk melakukan kajian terhadap objek yang bersifat deduktif.