Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Hasil Nilai Kelulusan UN SD/MI di Kaltim

Inilah Hasil Nilai Kelulusan UN SD/MI di Kaltim
Setelah Yogyakarta, kali diberitakan Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan mengumumkan hasil kelulusan Ujian Nasional (UN) SD/MI. Sebanyak 71.372 siswa SD/MI dari 14 kabupaten dan kota di provinsi ini mengikuti UN tahun ini. Nilai tertinggi atau 10 untuk mata pelajaran Matematika dan IPA diraih oleh 409 siswa.

"409 siswa yang mendapat nilai tertinggi itu berada di dua mata pelajaran, yakni 30 siswa di mata uji IPA dan selebihnya yang 379 siswa dari mata uji Matematika," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Asli Nuryadin, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kaltim dikutip dari Antaranews (06/06/2013).

Dari tiga mata pelajaran yang diujikan, di Kaltim tidak ada siswa yang mendapat nilai 10 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rata-rata nilai Bahasa Indonesia adalah 7,14, sedangkan Matematika rata-rata nilainya hanya 6,09, dan rata-rata nilai IPA mencapai 7,15.

Hasil UN SD/MI tahun ini jika dibanding dengan tahun sebelumnya, nilai rata-rata UN tahun ini sebagian meningkat dan sebagian lainnya menurun. Asli Nuryadin mengatakan rata-rata nilai Bahasa Indonesia 2012 adalah 7,06, Matematika 6,45, dan IPA 6,96.

Dinas Pendidikan provinsi Kaltim optimis untuk kelulusan SD/MI tahun ini dapat mencapai 100 persen, asalkan pesertanya ikut UN. Untuk jenjang SD/MI, 75 persen kelulusan ditentukan oleh sekolah dan sisanya yang 25 persen hasil UN.

Pengumuman hasil UN SD/MI tahun 2013 di Kaltim, akan diumumkan oleh masing-masing satuan pendidikan di kabupaten dan kota pada 9 Juni 2013. Saat ini hasil UN SD/MI Kaltim sudah diserahkan hasilnya kepada kepala dinas di kabupaten/kota.

Hasil UN jenjang SD terdapat 17 siswa yang memperoleh nilai terbaik, sedangkan untuk jenjang MI, terdapat 10 siswa yang mendapat nilai tertinggi. Mereka akan mendapat penghargaan dari Pemprov Kaltim berupa uang pembinaan sebesar Rp500.000.