Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Aplikasi Rapor SMP Kurikulum 2013

Aplikasi pengolah nilai untuk rapor SMP dari Kemdikbud
Aplikasi pengolah nilai untuk rapor SMP dari Kemendikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah meluncurkan aplikasi pengolah nilai untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Sama seperti aplikasi rapor Sekolah Dasar (SD), aplikasi rapor untuk SMP ini juga terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Data utama aplikasi rapor SMP diperoleh dari Dapodik. Data itu seperti peserta didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), dan rombongan belajar. Aplikasi rapor SMP Kurikulum 2013 hanya dapat dioperasikan pada komputer atau laptop yang sudah terinstal aplikasi Dapodik.

Aplikasi pengolah nilai untuk rapor SMP dari Kemendikbud ini dapat didownload di laman website http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh. Untuk buku panduan cara penggunaannya juga dapat didownload di laman yang sama. Aplikasi ini gratis untuk semua sekolah.

Proses penilaian Kurikulum 2013 sangat berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Banyaknya komponen penilaian, frekuensi penilaian lebih sering ini banyak memakan waktu guru. Dengan aplikasi pengolah nilai yang disediakan oleh Kemendikbud, proses dan pencetakan rapor peserta didik lebih mudah.