Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Deskripsi Untuk Rapor Kurikulum Merdeka Kelas 1 dan 4 SD

Deskripsi Untuk Rapor Kurikulum Merdeka Kelas 1 dan 4 SD

Guru harus melakukan pelaporan hasil belajar peserta didik selama satu semester kepada orang tua atau wali murid. Rapor Kurikulum Merdeka jenjang Sekolah Dasar (SD) cukup sederhana. Sehingga guru dan wali kelas dapat mudah membuat rapor siswa.

Lihat juga : Lengkap, Tujuan Pembelajaran (TP) Kelas 4 SD untuk E-Rapor

Untuk membuat rapor Kurikulum Merdeka, telah disediakan aplikasi e-rapor yang memudahkan administrasi pelaporan hasil belajar. Guru hanya menginput satu nilai mata pelajaran (mapel) saja disertai dengan deskripsi kompetensi yang dicerminkan oleh nilai tersebut.

Bagi guru kelas 1 dan 4 SD sudah pasti memahami, jika deskripsi capaian kompetensi diambil dari tujuan pembelajaran. Guru diberikan keleluasaan untuk menentukan deskripsi dalam menjelaskan makna nilai yang diperoleh peserta didik.

Ada 3 pilihan dalam menyusun deskripsi capaian kompetensi pada rapor. Dalam penyusunan deskripsi, guru harus mengidentifikasi capaian kompetensi tertinggi dan terendah. ketiga opsi dalam menyusun deskripsi rapor Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.

1. Penyusunan deskripsi berdasarkan Capaian Pembelajaran

2. Penyusunan deskripsi berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran

3. Penyusunan deskripsi mengambil dari poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan

Download Deskripsi Untuk Rapor Kurikulum Merdeka Kelas 1 dan 4 SD

Deskripsi capaian kompetensi berisi informasi tentang kompetensi yang sudah dicapai dan kompetensi yang perlu ditingkatkan oleh peserta didik. Deskripsi tersebut harus ditulis menggunakan kalimat positif dan memotivasi. Deskripsi rapor kelas 1 dan 4 Kurikulum Merdeka dapat didownload melalui tautan berikut ini:

Deskripsi Untuk Rapor Kurikulum Merdeka .xlsx

Deskripsi pada raport Kurikulum Merdeka di atas berformat excel yang bisa menjadi referensi guru kelas 1 dan 4 dalam membuat atau menyusun nilai deskripsi. Di samping menyampaikan pada orang tua dan siswa, satuan pendidikan menginput rapor secara berkala melalui e-rapor pada dapodik.