Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Setelah memahami Capaian Pembelajaran (CP), guru mulai memperoleh ide-ide tentang apa yang harus dipelajari siswa dalam suatu fase. Pada tahap ini, guru mulai mengolah ide tersebut, menggunakan kata-kata kunci yang sudah dikumpulkannya pada tahap sebelumnya, untuk merumuskan tujuan pembelajaran (TP).

Lihat juga : Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Tujuan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka SD yang dikembangkan tersebut perlu dicapai siswa dalam satu atau lebih jam pelajaran. Sampai akhirnya pada penghujung Fase mereka dapat mencapai CP. Oleh karena itu, untuk CP dalam satu fase, guru perlu mengembangkan beberapa tujuan pembelajaran.

Dalam tahap merumuskan tujuan pembelajaran, guru belum mengurutkan tujuan-tujuan tersebut, cukup merancang tujuan-tujuan belajar yang lebih operasional dan konkret saja terlebih dahulu. Pada tahap berikutnya, guru mengurutkan tujuan pembelajaran. Dengan begitu guru bisa melakukan proses pengembangan rencana pembelajaran langkah demi langkah.

Download Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Mata pelajaran kelas 1 SD sesuai Struktur Kurikulum Merdeka yaitu; Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Matematika, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni dan Budaya, Bahasa Inggris, dan Muatan Lokal. Mata pelajaran Seni Budaya terdiri dari; Seni Teater, Seni Tari, Seni Rupa, dan Seni Musik.

SekolahDasar.Net berbagi Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka semua mata pelajaran.  Tujuan Pembelajaran merupakan deskripsi pencapaian dari 3 aspek kompetensi yaitu; pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Ketiganya bisa siswa dapatkan dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. File Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dapat didownload melalui link berikut:

PEMETAAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS 1 IKM

File Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka semua mata pelajaran di atas berformat MS Word. Anda dapat dengan mudah mengedit Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1. Demikian Pemetaan Tujuan Pembelajaran Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, semoga dapat bermanfaat, bisa melengkapi administrasi kelas atau perangkat pembelajaran guru kelas 1.