Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Unduh Buku Pedoman KKG Bermutu Untuk Guru SD

Peningkatan kompetensi guru akan ditingkatkan dengan memberdayakan KKG.
Peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar (SD) dapat ditingkatkan dengan memberdayakan Kelompok Kerja Guru (KKG). Jika dikelola dengan baik, akan menjadikan KKG yang mewadahi guru SD ini menjadi sumber lahirnya guru-guru profesional.

Dalam rangka mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) melaksanakan Program Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU).

Baca juga: Guru SD Harus Memiliki Buku Panduan Penilaian Ini

Program BERMUTU bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran sebagai dampak peningkatan kompetensi, kualifikasi, dan kinerja guru. Salah satu komponen strategis untuk mencapai tujuan tersebut dengan penguatan peningkatan mutu dan profesional guru secara berkelanjutan.

Paket Pembelajaran Model BERMUTU untuk bidang studi yang dirancang dengan mengintegrasikan pendekatan penelitian tindakan kelas, lesson study, dan studi kasus. Buku pedoman pelaksanaan KKG bagi guru SD dapat diunduh di sini.

Guru-guru dapat melakukan kajian kritis terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan, memperbaiki dan mengembangkan kurikulum pembelajarannya, serta mempraktekkan pembelajaran yang baik berdasarkan metode PAKEM dan strategi pembelajaran inovatif lainnya.

Paket Pembelajaran Model BERMUTU di atas dikembangkan dengan melibatkan sejumlah widyaiswara dari P4TK, dosen LPTK, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah, serta mengintegrasikan berbagai masukan dari praktisi lapangan dan nara sumber ahli dari LPTK.