Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pendaftaran CPNS Tahun 2016 Dibuka Bulan Juli Ini

Pendaftaran CPNS Tahun 2016 Dibuka Bulan Juli
Pemerintah akan mulai membuka pendaftaran penerimaan CPNS 2016 pada Juli ini.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berencana membuka pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Juli 2016. Hal ini dikatakan Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi di Jakarta.

"Juli biasanya pengumumannya (pendaftaran CPNS), lalu setelah Lebaran sekitar Agustus proses rekrutmen (seleksi), dan akhir tahun di Oktober atau November sudah ada penerimaan (CPNS)," kata Yuddy yang SekolahDasar.Net kutip dari liputan6.com (30/05/16).

Proses pendaftaran maupun ujian CPNS 2016 baru akan dilaksanakan setelah pemerintah menghitung formasi kebutuhan CPNS dari seluruh instansi. Yuddy mengatakan Kementerian PANRB saat ini belum dapat membocorkan jumlah lowongan CPNS yang dibuka di masing-masing instansi pemerintahan.

"Kalau sudah dihitung formasi yang benar-benar dibutuhkan, seperti ahli pengairan, tata kota, ahli hukum, ahli otonomi daerah, dan lainnya di masing-masing instansi, baru dilakukan proses rekrutmen. Yang sudah fix adalah untuk tenaga kesehatan," jelas Yuddy.

Baca juga: Dibuka Lowongan CPNS 3.000 Guru, 2.000 dari Honorer

Formasi kebutuhan PNS yang disodorkan mencapai 150 ribu orang. Namun, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hanya menyanggupi 81 ribu orang untuk jatah penerimaan CPNS 2016. Tidak dipenuhi semua itu karena alasan moratorium, keterbatasan anggaran, dan hanya untuk program prioritas Nawa Cita.

"PNS yang pensiun tahun ini total 120 ribu orang. Kemudian kebutuhan dari seluruh instansi mencapai 150 ribu orang. Tapi maksimum yang disetujui Kemenkeu untuk penerimaan PNS 81 ribu orang," kata Yuddy.