Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Seleksi Guru CPNS 2018 Prioritaskan Putra Daerah

Seleksi Guru CPNS 2018 Prioritaskan Putra Daerah
Kemendikbud akan memprioritaskan putra daerah dalam penerimaan seleksi guru, calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018.
Putra daerah akan diprioritaskan dalam penerimaan seleksi guru, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Seleksi guru di daerah 3T memiliki kriteria khusus yang perlu dipatuhi, putra daerah tersebut harus berkompeten untuk menjadi seorang pendidik.

Sekretaris Jenderal (Sekjen), Didik Suhardi mengatakan hingga saat detail seleksi CPNS tahun 2018 itu masih dibahas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawain Negara (BKN).

"Kami akan memprioritaskan putera daerah yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi guru di daerah 3T," ungkap kata Didik yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (26/12/17).

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengusulkan 250.000 kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di pusat dan daerah pada tahun 2018 mendatang. Jumlah tersebut, akan diprioritaskan untuk profesi tenaga kependidikan dan tenaga kesehatan.

"Prioritasnya masih guru dan tenaga kesehatan. Untuk komposisi, lebih banyak untuk daerah (pemda). Sebanyak 215.000 untuk pemda, dan sisanya ditempatkan di pusat," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsat.

Setiawan menjelaskan, tahun depan pemerintah akan tetap melakukan seleksi CPNS dengan sistem zero growth, mengingat Kementerian PAN-RB belum mencabut moratorium. Karenanya, tambahan ASN akan di sesuaikan dengan jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun di tahun 2018.