Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Kisi-Kisi Soal USBN SD/MI Tahun 2019

Download dokumen kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SD/MI tahun pelajaran 2018/2019.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) telah menetapkan Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian. Hal ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilain Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2018/2019 mengacu pada irisan Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13).

Kisi-kisi USBN untuk jenjang SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran. Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materinya yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

1. Bahasa Indonesia

Ruang lingkup materinya meliputi:
* Membaca Nonsastra
* Membaca Sastra
* Menulis Terbatas
* Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca

2. Matematika

Ruang lingkup materinya meliputi:
* Bilangan
* Geometri
* Pengukuran Pengolahan Data

3. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Ruang lingkup materinya meliputi:
* Makhluk Hidup dan Lingkungannya
* Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
* Benda dan Sifatnya
* Energi dan Perubahannya
* Bumi dan Alam Semesta

Selengkapnya dokumen kisi-kisi soal USBN untuk jenjang SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang telah dirilis Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) dapat didownload melalui link berikut ini:



Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah merilis kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) melalui keputusan yang ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018. Kisi-kisi dirilis agar siswa dapat melakukan persiapan ujian lebih dini. Kebijakan USBN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN tahun 2018.

Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90% dan soal esai sebanyak 10% serta masih ada soal dari pusat sebanyak 20-25%. Dengan adanya kisi-kisi USBN SD tahun 2019, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian.