8 Penyebab dan Solusi Anak Suka Melawan
Cari Berita

Atas


8 Penyebab dan Solusi Anak Suka Melawan

Senin, 14 Januari 2019

8 Penyebab dan Solusi Anak Suka Melawan
Mengapa Anak Suka Melawan? Apa Penyebab dan Solusinya.
Seorang anak adalah cerminan dari orang tuanya, sehingga bagaimana karakter anak tergantung dari cara orang tua dalam mendidik. Penyebab dan solusi anak suka melawan perlu diketahui oleh orang tua, agar bisa memperbaiki cara mendidik anak. Kebiasaan orang tua yang sering melarang anak-anak dalam melakukan sesuatu yang disukai anak bisa jadi adalah salah satunya.

Penyebab dan Solusi Anak Suka Melawan

Berikut ini beberapa penyebab dan solusi anak suka melawan. Langsung saja disebutkan penyebabnya, dan dibawahnya tercantum solusi.

1. Sikap orang tua yang otoriter

Otoriter merupakan sikap menuntut, di mana orang tua terlalu banyak menuntut anaknya untuk melakukan sesuai yang dikehendakinya tanpa mengetahui batas kemampuan anak. Solusinya, pahamilah keinginan anak, dan arahkanlah ke arah yang lebih baik bukan hanya sekedar menuntut tanpa memberikannya solusi.

2. Orang tua tidak bisa memenuhi keinginan anak

Kekecewaan anak bisa diperlihatkan dengan sikap membangkang. Solusi pencegahannya, jangan pernah memberikan janji-janji yang berlebihan di luar batas kemampuan orang tuanya kepada anak. Jika pun kondisinya berbeda dari sebelum Anda menjanjikan sampai pada saatnya anak menagih janji Anda, pastikan memberikan pengertian pada anak untuk bersabar.

3. Mencontoh perilaku orang tuanya

Perilaku anak yang melawan, juga bisa disebabkan karena mencontoh perilaku orang tua. Nah, gunakan kata-kata yang positif saat menasehati anak dan hindari pertikaian di hadapan anak, sebesar apapun masalah rumah tangga Anda..

4. Menyuruh anak di saat tidak tepat

Karena sibuk dengan kegiatannya, anak bisa melawan perintah orang tua. Solusinya, suruhlah anak di saat waktu yang tepat dan tidak saat anak sedang melakukan pekerjaan lain. Tunggulah sampai anak tersebut selesai mengerjakan tugasnya, baru Anda bisa menyuruhnya kembali. Anak pun tidak akan memberontak atau melawan.

5. Orang tua terlalu banyak mengancam

Merasa tertekan dengan berbagai ancaman, alih-alih patuh, anak bisa jadi malah berontak. Karena itu, orang tua harus mampu melarang anak dengan mengalihkan perhatiannya ke seuatu hal yang lebih baik, bukanlah mengancam atau bahkan menakut-nakutinya.

6. Orang tua terlalu memanjakan anak

Berilah anak pemahaman dan biasakan jika anak menginginkan sesuatu, anak tersebut harus berusaha terlebih dahulu. Misalkan apabila anak meminta dibelikan mainan baru, orang tua bisa membiasakan anak menabung untuk membeli mainannya atau belajar dengan sungguh-sungguh baru dibelikan mainan.

7. Orang tua tidak tegas dalam bertindak

Anda harus bersikap tegas pada anak dalam segala hal. Tegas bukan berarti amarah atau membentak. Hanya saja jika Anda tidak memperbolehkan anak untuk melakukan suatu hal, pastikan anak tersebut menjauhinya dengan konsekuensi yang di terima anak dari orang tua.

8. Orang tua kurang memfasilitasi anak

Beri pemahaman kepada anak mengenai keadaan dan kondisi Anda saat Anda benar-benar tidak bisa memfasilitasi anak. Jika Anda mampu, maka fasilitasilah anak tersebut dan jangan dibatasi terhadap apa yang di eksplore oleh anak selama masih dalam hal yang positif.

Itulah beberapa penyebab dan solusi anak suka melawan yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua agar dapat memahami cara mendidik anak dengan benar. Semoga berhasil.