Guru SD Pensiun Paling Banyak, Puncaknya Tahun 2022
Cari Berita

Atas


Guru SD Pensiun Paling Banyak, Puncaknya Tahun 2022

Admin
Rabu, 13 Maret 2019

Guru SD Pensiun Paling Banyak, Puncaknya Tahun 2022
Sebanyak 85.650 guru akan pensiun di tahun 2022 yang harus segera diantisipsi dengan melakukan perekrutan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkan sebanyak 85 ribu guru akan pensiun pada 2022. Oleh karena itu, Kemendikbud akan melakukan perekrutan guru secara bertahap agar tidak terjadi kekurangan guru di sekolah-sekolah.

"Guru pensiun paling banyak guru SD. Puncaknya tahun 2022, sebanyak 85.650 guru akan pensiun," Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Selasa (12/3).

Menurutnya perekrutan guru yang dilakukan akan memperhitungkan guru yang pensiun dan guru yang saat ini masih aktif. Kemendikbud akan bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) agar perekrutan bisa dilakukan secara terbuka.

Baca juga: Salah Merekrut Guru, Dampaknya Akan Dirasakan Puluhan Tahun

“Kami akan koordinasi dengan Menpan RB agar yang pensiun bisa dipenuhi dari rekrutment terbuka, dengan koordinasi yang baik kita bisa dapat yang terbaik juga,” kata Didik

Ia menyebutkan rekrutmen guru ditujukan untuk tiga pemenuhan. Pertama bagi pemenuhan kekurangan guru, kedua memenuhi karena adanya penambahan akses, dan ketiga karena memenuhi guru pensiun.

“Rekrutmen guru itu satu untuk memenuhi kekurangan guru, untuk memenuhi karena penambahan akses jadi ada ruang kelas baru, sekolah baru, ketiga untuk memenuhi guru yang pensiun,” jelas Didik.