Anak yang Cerdas Tidak Cukup Hanya Pintar
Cari Berita

Atas


Anak yang Cerdas Tidak Cukup Hanya Pintar

Selasa, 02 April 2019

Anak yang Cerdas Tidak Cukup Hanya Pintar
Seorang anak yang cerdas tidak cukup hanya pintar. Inilah ciri-ciri anak cerdas menurut psikolog.

Semua orang tua pasti ingin mempunyai anak cerdas. Tak banyak orang tua bisa mengukur kecerdasan anak. Menurut Psikolog Klinis Kassandra Putranto, ciri seorang anak yang cerdas tidak cukup hanya pintar.

Anak yang cerdas mempunyai ingatan dan pemahaman yang baik. Anak juga kompeten pada satu atau lebih bidang, dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik, mempunyai keberanian, serta mampu bersosialisasi-emosional. Ia juga merupakan sosok yang nyaman dan menyenangkan bila diajarkan berbagai macam hal.

Anak cerdas lebih mampu dan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ia mudah mempelajari sesuatu, dan orang tua mudah mendidiknya. Kecerdasan anak juga terlihat dari rasa kepeduliannya. Apabila ia memiliki kepedulian yang tinggi, maka anak mempunyai kecerdasan sosial-emosional yang baik.

Dalam acara kampanye 'Menciptakan Anak Cerdas Yang Sehat' dan Cerebrofort Kids Got Talent 2018 bersama PT Kalbe Farma Tbk dan Sang Buah Hati di Aeon Mal BSD City itu, Kassandra menuturkan kecerdasan anak tidak bisa didapatkan begitu saja.

Baca: Anak Sering Bermain dengan Orangtua Akan Tumbuh Cerdas

"Pertama dimulai dengan tumbuh kembang anak dengan diawali tubuh yang sehat," kata Kassandra yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (21/08/18).

Menurutnya mustahil seorang anak cerdas tidak mempunyai fisik yang sehat. Kesehatan menjadi faktor penting dalam menunjang tumbuh kembang anak. Asupan gizi seimbang menjasi hal yang perlu diperhatikan orang tua.