Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013

Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013
Download Buku Guru (BG) dan Buku Siswa (BS) mata pelajaran Matematika untuk kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 revisi terbaru.

Kurikulum 2013 (K13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) Matematika di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 4, 5 dan 6 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika sesuai Kurikulum 2013 revisi terbaru pada kelas 5 SD/MI menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Sebagai bahan ajar mata pelajaran Matematika kelas 5 SD/MI terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa. Buku Guru Matematika Kelas 5 disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sedangkan Buku Siswa Matematika Kelas 5 disusun berbasis aktivitas sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013.

Kompetensi Dasar (KD) Matematika Kelas 5 SD/MI

3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal


3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)

3.4 Menjelaskan skala melalui denah
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah

3.5 Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga

3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
4.6 Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)

3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
4.7 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

3.8 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis
4.8 Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis

Perlu diketahui, sebelumnya mata pelajaran Matematika ada pada buku Tematik Terpadu. Namun, kedalaman materinya dirasa dangkal. Oleh karena itu, siswa tidak mendapatkan pemahaman konsep matematika secara mendalam. Sehingga perlu digunakan buku Matematika secara terpisah. Matematika memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain.

MATERI POKOK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 KURIKULUM 2013

1. Operasi Hitung Pecahan
2. Kecepatan dan Debit
3. Skala
4. Bangun Ruang
5. Pengumpulan dan Penyajian Data

DOWNLOAD BUKU GURU DAN BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS 5

Kemendikbud memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh buku teks secara elektronik atau buku sekolah elektronik (BSE) untuk mempermudah proses belajar mengajar di sekolah. Buku Guru (BG) dan Buku Siswa (BS) mata pelajaran Matematika untuk kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 dapat didownload melalui tautan berikut:

Buku Guru Matematika Kelas 5 - Senang Belajar Matematika

Buku Siswa Matematika Kelas 5 - Senang Belajar Matematika

Tujuan disusunnya buku Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 yang disusun oleh berbagai pihak koordinasi dengan Kemendikbud ini adalah untuk membantu guru agar dapat memfasilitasi siswa belajar dan memahami materi matematika. Pendekatan yang digunakan menggunakan adalah scientific approach atau 5 M, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.

Beberapa aspek penting yang disampaikan dalam buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 adalah adanya narasi awal pembelajaran dengan menyajikan masalah-masalah kontekstual, guru memfasiltasi siwa dalam proses pembelajaran problem based learning, discovey learning, dan collaborative learning. Diharapkan siswa dapat melakukan aktivitas ilmiah berbasis berfikir tingkat tinggi.