Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013
Cari Berita

Atas


Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013

Jumat, 22 Maret 2019

Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013
Download Buku Guru (BG) dan Buku Siswa (BS) mata pelajaran Matematika untuk kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 (K13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 4, 5 dan 6 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika kelas 6 SD sesuai Kurikulum 2013 revisi terbaru menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Buku sebagai bahan ajar mata pelajaran Matematika kelas 6 SD pada Kurikulum 2013 (K13) terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa. Buku Guru Matematika Kelas 6 disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sedangkan Buku Siswa Matematika Kelas 6 disusun berbasis aktivitas sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 (K13) di SD.

Kompetensi Dasar (KD) Pengetahuan (KI3) Matematika Kelas 6 SD

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)

3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.

3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya

3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data

Sebelumnya, mata pelajaran Matematika ada pada buku Tematik Terpadu. Namun, kedalaman materinya terasa dangkal. Oleh karena itu, siswa tidak mendapatkan pemahaman konsep matematika secara mendalam. Dengan demikian, perlu digunakan buku Matematika secara terpisah. Matematika memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain.

MATERI POKOK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 6 KURIKULUM 2013

1. Bilangan Bulat

A. Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat
B. Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat
C. Operasi Hitung Bilangan Bulat
D. Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Bilangan Bulat

2. Lingkaran

A. Hal-hal yang Berkaitan dengan Lingkaran
B. Keliling Lingkaran
C. Luas Lingkaran

3. Bangun Ruang

A. Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat
B. Luas Permukaan Bangun Ruang
C. Volume Ruang

4. Statistika

A. Modus (Data yang Sering Muncul)
B. Median (Data atau Nilai Tengah)
C. Mean (Nilai atau Data Rata-rata)
D. Nilai yang Tepat Mewakili Modus, Median dan Mean

DOWNLOAD BUKU GURU DAN BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS 6

Kemendikbud memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh buku teks secara elektronik atau buku sekolah elektronik (BSE) untuk mempermudah proses belajar mengajar di sekolah. Buku Guru (BG) dan Buku Siswa (BS) mata pelajaran Matematika untuk kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 dapat didownload melalui tautan berikut:

Buku Guru Matematika Kelas 6 - Aku Senang Matematika
Buku Siswa Matematika Kelas 6 - Aku Senang Matematika

Tujuan disusunnya buku Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 yang disusun oleh berbagai pihak koordinasi dengan Kemendikbud ini adalah untuk membantu guru agar dapat memfasilitasi siswa belajar dan memahami materi matematika. Pendekatan yang digunakan menggunakan adalah scientific approach atau 5 M, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.

Beberapa aspek penting yang disampaikan dalam buku Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 adalah adanya narasi awal pembelajaran dengan menyajikan masalah-masalah kontekstual, guru memfasiltasi siwa dalam proses pembelajaran problem based learning, discovey learning, dan collaborative learning. Diharapkan siswa dapat melakukan aktivitas ilmiah berbasis berfikir tingkat tinggi.