Cara Cek SKTP Penerima Tunjangan Profesi Guru Tahun 2019
Cari Berita

Atas


Cara Cek SKTP Penerima Tunjangan Profesi Guru Tahun 2019

Rabu, 10 April 2019

Cara Cek SKTP Penerima Tunjangan Profesi Guru Tahun 2019

Surat Keputusan penerima Tunjangan Profesi Pendidik atau disebut SKTP sudah mulai diterbitkan. SKTP atau dulu dikenal dengan SK Dirjen diterbitkan setiap semester atau enam bulan sekali. SKTP yang diterbitkan di tahun pelajaran 2018/2019 semester 2 ini sebagai dasar pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan 1 dan 2 tahun 2019.

Cek Data Guru dan SKTP Tahun 2019 merupakan kewajiban guru untuk mengetahui apakah data PTK yang telah dikirimkan melalui aplikasi Dapodik sekolah valid atau belum valid. Jika setelah melakukan Cek Data Guru dan SKTP Tahun 2019 yang diketahui melalui laman Info GTK ternyata tidak valid, maka secara otomatis pencairan dana sertifikasi guru menjadi bermasalah.

Apabila hasil cek data guru atau cek SKTP 2019 masih ditandai merah dapat dibetulkan melalui aplikasi Dapodik oleh operator sekolah. Jika data di aplikasi Dapodik telah benar, maka kesalahan data yang ditampilan pada layar hasil cek data guru sebaik diambaikan saja, kemungkinan sistem masih salah atau keliru dalam membaca data.

Tahun 2019 merupakan tahun yang begitu banyak tantangan bagi operator sekolah. Pasalnya, Aplikasi Dapodik beda dengan versi sebelumnya, tidak mudah bagi operator untuk bisa langsung menjalankannya, karena aplikasi Dapodik dengan versi 2019.c ini Laptop/Pc wajib dengan spesifikasi tinggi untuk bisa langsung mengisntalnya.

Cara Cek Data Guru di Dapodik dan Cek Penerbitan SKTP Tahun 2019

1.Login ke http://info.gtk.kemdikbud.go.id/

2.Apabila ingin membuka Info GTK dengan NUPTK pilih Nama NUPTK, dengan menu pilihan sudah berwana biru,login menggunakan No NUPTK / NRG/NIK dan Pasword sebagai Tanggal lahir (misal 19701225)

Cara Cek SKTP Penerima Tunjangan Profesi Guru Tahun 2019

3.Apabila ingin membuka Info GTK dengan Account PTK pilih Nama Account PTK, dengan menu pilihan sudah berwana biru,login menggunakan akun Email DAPODIK PTK dan Paswordnya yang dibuatkan oleh Operator di Aplikasi Dapodiknya. Anda bisa bertanya pada
Operator Sekolah.

Cara Cek SKTP Penerima Tunjangan Profesi Guru Tahun 2019

SKTP merupakan salah satu persyaratan pencairan tunjangan profesi pendidik (TPP). Itulah sebabnya penerbitan SKTP selalu dinantikan oleh guru. Kementerian melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menerbitkan Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP) berdasarkan usulan dari dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya setelah dilakukannya proses verifikasi dan validasi.

SKTP diterbitkan sebanyak 2 tahap dalam satu tahun. SKTP Tahap 1 tahun 2019 terbit dimulai pada bulan Maret berlaku untuk pembayaran tunjangan profesi pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni, sebagai dasar pembayaran TPG triwulan I dan II. Tunjangan sertifikasi guru ini disalurkan ke rekening guru setiap tiga bulan sekali melalui dana transfer daerah.

Baca: Guru Diminta Sisihkan Tunjangan untuk Belanja Kompetensi

Penyaluran Tunjangan Profesi bertujuan untuk memberi penghargaan, meningkatkan kompetensi, memajukan profesi Guru, dan meningkatkan mutu pembelajaran. Tunjangan profesi guru ini juga untuk membiayai pelaksanaan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang mendukung pelaksanaan tugas sebagai Guru Profesional.