Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Ulangan Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 dan 4

Soal Ulangan Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 dan 4
Download soal ulangan harian dan UTS kelas 3 SD/MI tema 5 Cuaca subtema 3 dan 4.

Kurikulum 2013 (K-13) telah dilaksanakan di kelas 3 SD/MI di seluruh sekolah dengan proses belajar mengajar menggunakan metode tematik terpadu. Proses evaluasi berupa Ulangan Harian (UH) atau Penilaian Harian (PH) dan Ulangan Tengah Semester (UTS) atau Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) juga dilakukan dengan metode tematik terpadu.

Ada 4 tema pembelajaran untuk kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 pada semester 2, yaitu tema 5 sampai 8. Setiap tema terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran. Setiap tema dibagi menjadi 4 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Evaluasi dengan soal ulangan atau penilaian harian dilaksanakan setiap selesai subtema.

Lihat juga: Soal Ulangan Kelas 3 Tema 6 Subtema 3 dan 4

Berdasarkan Kurikulum 2013 revisi terbaru pembelajaran tematik terdiri muatan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, dan SBdP. Kompetensi Dasar (KD) kelas 3 Kurikulum 2013 terdiri dari K1-1 (sikap spiritual), KD K13 dari KI-2 (sikap sosial), KD K13 dari KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KD K13 dari KI-4 (Aspek Keterampilan).

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 3 untuk jenjang SD/MI sesuai Kurikulum 2013 harus dilakukan oleh guru kelas karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal evaluasi.

Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 dan 4 Kurikulum 2013

1. PPKn

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

2. Bahasa Indonesia

3.3 Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3. Matematika

3.5 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama.

4. PJOK

3.5 Memahami kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.

5. SBdP

3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif.
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.

Materi Kelas 3 Tema 5 - Cuaca

Sub Tema 1. Keadaan Cuaca
Sub Tema 2. Perubahan Cuaca
Sub Tema 3. Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia
Sub Tema 4. Cuaca, Musim, dan Iklim

SOAL ULANGAN KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 1 DAN 2

Ayo kerjakan soal-soal ini dengan jawaban yang benar!

2. Sikap bersatu dalam keberagaman akan menciptakan ...
A. pertengkaran
B. perselisihan
C. kerukunan
D. perpecahan

6. Gotong royong dapat mempererat ....
13. Indonesia adalah negara yang mempunyai iklim ....
16. Sebutkan tanda-tanda akan terjadinya hujan!
18. Hasil penjumlahan 4/8 + 3/8 adalah ....

25. Gambar dekoratif menunjukkan bahwa fungsi gambar tersebut sebagai ....
A. hiasan
B. lukisan
C. pengumuman
D. kenang-kenangan

27. Mengapa poster harus dipasang di temat terbuka?
30. Sebutkan jenis-jenis tusuk pada jahitan!

DOWNLOAD SOAL ULANGAN KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 3 DAN 4

Soal ulangan kelas 3 Kurikulum 2013 terdiri dari soal pilihan ganda, soal dengan dengan jawaban singkat dan soal uraian. Selengkapnya soal ulangan harian dan UTS kelas 3 SD/MI tema 5 Cuaca subtema 3 dan 4 berformat .pdf sesuai Kurikulum 2013 revisi yang belum disertai dengan kunci jawabannya bisa didownload melalui tautan berikut:


Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi ujian atau ulangan harian dan ulangan tengah semester genap, khususnya kelas 3 SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas. Soal ulangan kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 terdiri dari beberapa muatan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, serta SBdP.