Ini Dia Tips Mudah Memilih Baju Lebaran Anak
Cari Berita

Atas


Ini Dia Tips Mudah Memilih Baju Lebaran Anak

Senin, 13 Mei 2019

Ini Dia Tips Mudah Memilih Baju Lebaran Anak
Tips memilih baju lebaran anak yang nyaman dikenakan agar pada momen raya nanti buah hati tidak merasa risih dan gerah akibat pakaian kurang pas.

Mengingat momentum Idul Fitri yang lekat dengan tradisi mengenakan baju baru, terutama untuk anak-anak. Mengingat kulit anak sangat sensitif, maka Anda sebagai orang tua wajib mengetahui tips memilih baju lebaran anak yang nyaman untuk dikenakan ketika menjalin silaturahmi dengan kerabat. Sebab itu, pada artikel kali ini akan diulas cara mudah dalam memilihkan pakaian untuk anak.

1. Mencari Informasi Tren Fashion Anak Terkini

Sebelum memulai proses berburu pakaian lebaran untuk anak, sebaiknya Anda berselancar dulu di dunia maya, terutama pada blog-blog fashion. Cari tahu gaya busana anak yang sedang digandrungi saat ini. Karena anak selalu menjadi pusat perhatian ketika keluarga sedang berkumpul, jangan sampai Anda membelikan pakaian yang sudah tidak musim lagi agar anak tidak menjadi bahan ejekan orang.

2. Bahan Kain Berkualitas Bagus

Lalu, hal wajib yang perlu diperhatikan ketika membelikan pakaian baru untuk anak adalah kualitas bahan yang digunakan. Bahan kain sebaiknya 100% katun, bukan sintetis. Bahan ini maksimal menyerap keringat dan tidak mudah bau. Dengan demikian, anak tidak akan merasa gerah maupun gatal meskipun harus mengenakan pakaian tersebut dalam waktu yang relatif lama.

Untuk mengetahui jenis kain, Anda dapat memeriksanya pada bagian kerah atau lengan baju. Biasanya, di situ akan disertakan informasi mengenai bahan yang digunakan berikut ukuran. Anda juga harus memastikan bahwa permukaan kain cukup lembut agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan saat bergesekan dengan kulit anak. Caranya dengan meraba-raba bagian permukaan baju terasa kasar atau tidak.

3. Model Sederhana Tapi Apik

Tips memilihkan baju lebaran anak yang ketiga yaitu pilih baju berdasarkan situasi anak, bukan selera orang tua. Kadang, Anda membelikan pakaian dengan desain cantik namun cukup rumit pemakaiannya. Hal tersebut justru akan membuat anak tidak senang dan ingin bergegas melepaskan pakaian tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda pilihkan pakaian dengan model yang sederhana namun tetap enak dipandang.

Dalam menentukan model baju yang dibeli, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan tema acara. Untuk lebaran, pilih model-model pakaian islami atau minimal sopan, terlebih untuk anak perempuan. Jangan memilih pakaian dengan motif atau corak terlalu ramai karena momentum lebaran identik dengan kembali ke fitrah. Sehingga, pakaian dengan model terlalu heboh kurang tepat.

4. Perhatikan Ukuran Pakaian

Ingat untuk selalu memilihkan baju dengan ukuran yang sesuai; tidak terlalu longgar apalagi ketat. Jika terlalu ketat, anak dapat merasa sesak sehingga tidak bisa bebas bergerak. Sementara bila membelikan dengan ukuran yang terlalu besar agar bisa digunakan jangka panjang, anak akan merasa risih karena harus berkali-kali membetulkan posisi pakaian yang melorot serta dapat membuat anak tersandung.

5. Menyesuaikan Warna Pakaian dengan Kulit Anak

Kemudian, pilih warna baju yang cocok dengan karakter kulit anak. Banyak sekali orang tua yang menyepelekan hal ini sehingga kemudian asal memilih baju yang tidak sesuai untuk kontur warna dari kulit tubuh sang anak. Hasilnya? Penampilan anak tampak kusam atau terlalu kontras. Warna yang relatif memiliki kecocokan tinggi untuk anak adalah warna-warna lembut seperti cokelat dan peach.

6. Beli Pakaian Yang Fleksibel

Maksud dari fleksibel di sini adalah pakaian tersebut cocok digunakan meski sudah lewat momentum Idul Fitri. Jadi, Anda tidak membeli pakaian hanya untuk sekali pakai saja, tetapi juga tetap dapat dikenakan pada hari-hari biasa.

Tips memilih baju lebaran anak yang terakhir ini bisa diaplikasikan bila Anda memenuhi tips-tips sebelumnya. Sejatinya, mudah sekali bukan memilihkan pakaian yang cocok untuk anak pada kesempatan suci nan fitri nanti!?