Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membantu Anak Menangani Stresnya

Bantu Anak Menangani Stresnya dengan Cara Ini
Sebagai orangtua, Anda dapat segera bantu anak menangani stresnya dengan cara mengatakan kata-kata berikut ini.

Tidak hanya remaja atau orang dewasa saja yang mengalami stres dan tertekan. Anak-anak pun juga mengalami depresi dan tekanan di lingkungan mereka. Anak mungkin di-bully di sekolah atau tidak diterima oleh kelompok pertemanan. Mungkin juga mereka stres karena prestasi belajar.

Sebagai orangtua, Anda dapat segera bantu anak menangani stresnya dengan cara mengatakan kata-kata berikut ini, seperti dilansir Okezone (09/02).

"Itu bukan tekanan"

Anak-anak menganggap semua masalah mereka berat. Untuk itu mereka perlu penjelasan bahwa masalah yang mereka hadapi adalah hal biasa dalam hidup dan tak perlu terlalu dicemaskan. Bantu anak mengerti keadaan mereka.

"Kamu tak sendiri"

Jangan biarkan anak merasa kalau hanya merekalah yang sengsara di dunia ini. Katakan ada banyak orang yang bernasib serupa atau lebih buruk keadaanya dari mereka. Ajak anak berdiskusi sejak kecil.

"Kamu aman"

Sekali lagi, anak perlu tahu kalau mereka baik-baik saja. Bahwa tekanan hidup itu sama sekali tak berarti. Jelaskan mereka punya banyak kesempatan untuk memperbaiki banyak hal.

"Waktunya bersenang-senang"

Ketika Anda melihat anak mulai diam dan banyak cemberut, saatnya mengatakan hal itu kepada mereka. Ajak mereka melepas kecemasan dengan bermain dan melupakan tekanan yang dialami.