Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bercerita ke Anak Minimal 10 Menit per Hari, Ini Manfaatnya

Bercerita ke Anak Minimal 10 Menit per Hari, Ini Manfaatnya

Bercerita pada anak-anak usia dini dapat memberikan efek yang luar biasa pada masa perkembangan. Terutama untuk meningkatkan hubungan emosional antara orangtua dan anak. Kebiasaan bercerita kepada anak setiap hari dapat memberikan efek jangka panjang.

Orangtua dapat bercerita minimal 10 menit per hari kepada anak-anak. Dalam waktu tersebut, lambat laun menciptakan keterikatan emosional yang kuat pada keduanya. Bahkan, tidak hanya antara orangtua dan anak. Tetapi juga bisa terjadi pada kakak dan adik.

"Dengan cerita itu ada banyak yang kita bisa raih dalam program ini. Seperti menciptakan quality time antara orangtua dengan anak dan memasukkan pesan moral yang bagus," kata Pembina dan penanggungjawab program KITA (Keluarga Indonesia Teman Anak) Bercerita, Harry Pramono dilansir dari Okezone.

Lihat juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bercerita pada Anak

Manfaat bercerita kepada anak, selain menguatkan hubungan antar anggota keluarga, kebiasaan bercerita juga dapat membawa dampak positif di masa depan. Namun, orangtua harus berperan aktif, jangan sampai orangtua hanya menyuruh anak membaca, sementara dirinya tidak pernah mencontohkan hal yang sama.

"Orangtua harus mencontohkan. Doing activity bersama. Jangan sampai menyuruh anak belajar, tapi orangtua hanya menonton televisi," pungkasnya.