10 Ide Mengisi Liburan Sekolah yang Murah dan Seru
Cari Berita

Atas


10 Ide Mengisi Liburan Sekolah yang Murah dan Seru

Admin
Minggu, 16 Desember 2018

10 Ide Mengisi Liburan Sekolah yang Murah dan Seru
Dimanapun anak-anak mengisi waktu liburannya dan apapun aktivitas yang dilakukannya, yang penting dia senang, semangat dan ceria.
Liburan sekolah telah tiba. Inilah waktu yang sangat ditunggu-ditunggu oleh anak-anak. Setelah setiap hari melakukan rutinitas belajar, saat libur sekolah mereka bebas bermain dan melakukan aktivitas yang disukainya. Tak jarang anak minta pergi berlibur ke luar kota atau ke tempat-tempat wisata yang mereka inginkan.

Masalahnya bagaimana jika kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk memenuhi keinginan anak berlibur? Jangan khawatir, untuk mengisi liburan anak-anak tidak harus membutuhkan banyak uang. Waktu liburan bisa diisi dengan kegiatan seru dan menarik sehingga waktu libur sekolah yang panjang tidak membosankan bagi anak.

Berikut ini adalah tempat liburan yang murah namun bernilai edukasi. Selain itu, beberapa aktivitas juga bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak saat liburan:

1. Rekreasi ke pantai

Destinasi wisata yang yang bisa menjadi opsi untuk mengisi liburan sekolah bersama anak adalah dengan berlibur ke pantai di kota Anda. Biarkan anak melihat betapa indanhnya laut yang disertai hembusan angin sepoi-sepoi ditambah dengan ombak yang saling berkejaran. Untuk menambah kegembiraan, ajak anak untuk membuat istana pasir. Biarkan anak berkreasi agar daya imajinasi dan kreativitasnya berkembang.

2. Berlibur ke kebun binatang

Anak bisa menikmati liburan sekaligus mempelajari jenis-jenis binatang yang selama ini mereka pelajari di bangku sekolah. Anak bisa mengamati segala hal tentang binatang. Misalnya bagaimana mereka makan, tidur dan berkembang biak. Selain itu anak bisa mendapatkan penjelasan tentang segala hal yang berkaitan dengan binatang tersebut dari petugas atau tour guide. Dengan demikian anak akan merasakan liburan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat.

3. Berkunjung ke museum

Salah satu tempat liburan yang bernilai edukasi adalah museum. Dengan mengunjungi museum anak bisa mempelajari benda-benda bersejarah dan peristiwa sejarah yang menyertainya. Anak bisa memperoleh informasi yang berkaitan dengan benda-benda bersejarah yang terdapat di museum. Sehingga pengetahuan anak akan bertambah. Hal ini juga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri anak.

4. Pergi ke perpustakaan

Di era digital saat ini, minat membaca anak semakin minim saja. Memilih mengisi liburan dengan pergi ke perpustakaan, bisa menjadi pilihan cerdas bagi Anda sebagai orang tua. Biarkan anak memilih dan membaca buku-buku yang disukainya. Sehingga minat membaca anak akan semakin tumbuh. Pengetahuan anak pun akan bertambah.

5. Silahturahmi ke rumah anggota keluarga/kerabat

Mengunjungi rumah kerabat atau anggota keluarga merupakan pilihan bijak dalam mengisi liburan anak. Misalnya dengan mengunjungi rumah orangtua Anda yang berarti adalah kakek nenek dari anak Anda. Menginaplah untuk beberapa hari. Biarkan anak Anda dan kakek neneknya menjalin kedekatan. Atau kunjungi kerabat lain sekedar bersilaturahmi.

Hal ini mengajarkan kepada anak bahwa, sebagai kerabat atau anggota keluarga semuanya harus saling memperdulikan satu sama lain. Kondisi ini juga akan memperkuat ikatan tali silahturahmi antara sesama anggota keluarga. Selain itu anak juga akan belajar bagaimana menghargai dan menghormati orang yang lebih tua, menghargai saudara dan kerabat.

6. Kerja bakti di rumah

Meski liburan sekolah hanya di rumah buan berarti anak Anda akan berdiam diri atau tidur seharia. Ajak anak-anak untuk membersihkan rumah dan halaman. Selain bermanfaat, terdapat nilai-nilai positif yang bisa anak petik dari kegiatan kerja bakti, yakni anak akan belajar bagaimana melakukan kerjasama dan gotong-royong agar pekerjaan cepat terselesaikan. Tubuh pun akan lebih sehat karena aktif bergerak.

7. Memasak bersama anak

Aktivitas lain yang bisa Anda dan anak lakukan di rumah untuk mengisi liburan adalah aktivitas di dapur. Anda bisa memasak makanan kesukaan anak. Berikan kesempatan pada anak Anda untuk ikut terlibat dalam setiap proses memasak tersebut. Hal tersebut bertujuan supaya anak memahami bahwa untuk mendapatkan sesuatu, butuh sebuah proses dan usaha. Selain itu, anak bisa merasakan sendiri hasil masakan yang dibuatnya.

8. Berkebun

Liburan sekolah dengan kegiatan berkebun adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena itu tidak ada salahnya mengisi waktu liburan dengan melakukan kegiatan berkebun bersama anak. Misalnya saja menanam sayur, buah-buahan dan lain sebagainya. Ajarkan anak untuk membersihkan kebun, membuang rumput-rumput liar dan menyiram pohon.

9. Berkemah di halaman rumah

Jika tidak memungkinkan mengajak anak ke gunung, bukit, atau tempat berkemah lainnya saat liburan sekolah, Anda bisa mendirikan tenda di di halaman rumah. Hal ini akan memberikan pengalaman yang mengasyikkan untuk anak, seperti tidur di luar pada malam hari, merasakan sensasi berkemah, dan juga berinteraksi dengan alam.

10. Berkreasi dengan tips Do It by Your Self (DIY)

Coba ajak anak membuat barang-barang sederhana dari benda-benda di rumah. Misalnya ajak anak membuat kreasi bingkai foto dari kardus bekas, membuat pot bunga dari botol-botol bekas, dan lain-lain. Mengerjakan DIY juga bisa mengasah keterampilan dan kreativitasnya. Anda bisa menemukan banyak sekali tips DIY di majalah, televisi atau internet.

Mengisi liburan sekolah tidak berarti harus mengeluarkan banyak biaya. Dimanapun anak-anak mengisi waktu liburannya dan apapun aktivitas yang dilakukannya, yang penting dia senang, semangat dan ceria. Sehingga usai liburan ia akan lebih berenergi dan semangat kembali ke sekolah.