Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Trik Mengantisipasi Anak Rewel Minta Dibelikan Sesuatu

Trik Mengantisipasi Anak Rewel Minta Dibelikan Sesuatu

Menghadapi anak yang rewel di toko atau swalayan karena memaksa minta dibelikan sesuatu misalnya mainan atau jajanan membuat orangtua bingung dan stres. Bukan tidak ingin membelikan, tetapi pasti orangtua punya alasan tersendiri mengapa tidak mengabulkan permintaan si buah hati.

Jika keadaan seperti itu sudah berulang kali terjadi, sepertinya orangtua butuh trik untuk mengantisipasi agar anak tidak rewel memaksakan keinginannya di depan umum hingga menangis teriak-teriak. Ditulis di Okezone, Psikolog klinis, Liza Marielly Djaprie membeberkan triknya.

Buat kesepakatan

Sebelum pergi sepakati dulu di rumah. Misalnya ingin beli mainan kuda-kudaan, maka kalau anak minta mainan lain jelaskan pada dia kalau permintaan lain tidak ada dalam perjanjian.

Jadikan kebiasaan

Biasakan tidak selalu mengabulkan semua permintaan anak. Pilih momen-momen yang pas untuk membolehkan anak meminta sesuatu pada orangtua. Contoh, ketika si kecil berulang tahun, berprestasi di sekolah, atau berhasil melakukan sesuatu. Dalam hal ini orangtua mengajarkan hak dan kewajiban pada si buah hati.

Belajar tegas menolak

Orangtua harus tegas menolak kalau anak memaksa. Jangan mudah luluh karena anak menangis. Jangan merasa anak bikin malu. Jelaskan alasan kenapa dia tidak dibelikan mainan. Dalam kurun waktu 4-5 kali anak akan belajar dan mengerti.