7 Contoh Sikap Guru Teladan Yang Wajib Anda Miliki!
Cari Berita

Atas


7 Contoh Sikap Guru Teladan Yang Wajib Anda Miliki!

Sabtu, 24 Agustus 2019

7 Contoh Sikap Guru Teladan Yang Wajib Anda Miliki!
Menjadi sosok guru terbaik bagi siswa, berarti harus memberikan contoh yang baik pula.

Berprofesi menjadi seorang guru, mungkin menjadi salah satu impian Anda dalam mengabdi di dunia pendidikan. Sekalipun Anda telah mencapai impian tersebut, tentu tidaklah mudah untuk menjadi sosok guru teladan bagi siswa. Selain harus memiliki kemampuan mengajar yang mudah dipahami siswa, menjadi contoh sikap guru teladan pun harus Anda perlihatkan secara konsisten.

Untuk itu, Anda pun perlu melakukan pendekatan melalui komunikasi yang baik dengan siswa. Seperti halnya berikut ini, kami bagikan 7 contoh sikap guru teladan yang wajib Anda miliki:

1. Anggaplah semua siswa seperti anak sendiri

Seluruh siswa yang menjadi peserta didik khususnya di dalam kelas, sudah menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya. Jika diibaratkan dalam keluarga, mereka harus Anda anggap sebagai anak sendiri. Tidak boleh ada sekat dalam membimbing dan memperhatikan mereka, hanya karena latar belakangnya yang berbeda-beda.

Dengan menganggap seluruh siswa sebagai anak sendiri, membimbing dan mengajar pun akan didasari dengan ketulusan hati. Memberikan hati kepada mereka, sama halnya Anda membimbing dengan kasih sayang dan cinta layaknya menyayangi dan mencintai anak Anda sendiri.

2. Pantang mengeluarkan kata-kata kasar

Perkataan Anda menunjukan sikap dan perilaku yang sebenarnya. Berikan contoh yang baik dengan berkata sopan, lembut, dan tidak kasar. Sejatinya, kata-kata kasar yang keluar dari mulut Anda akan menghilangkan wibawa dari sosok seorang guru dihadapan siswa.

Pantang untuk mengeluarkan perkataan kasar yang menyinggung siswa, seperti nakal, bodoh, kurang ajar, dan lain sebagainya. Mengeluarkan kata-kata kasar tidak akan membuat siswa menjadi lebih baik, tapi hanya akan melukai perasaannya saja.

3. Apresiasi jerih payah siswa

Untuk menjadi guru teladan, Anda harus mampu mengapresiasi jerih payah siswa. Jangan selalu melihat hasilnya saja, tetapi hargailah usahanya terlebih dahulu.

Memang secara umum, hasil belajar siswa dengan nilai yang sempurna menjadi salah satu indikator dalam menilai kemampuannya. Tapi jangan lupakan juga sebagian siswa lainnya yang sudah berusaha menunjukan hasilnya yang terbaik, tetapi belum juga sempurna. Nah, siswa seperti itulah yang harus Anda apresiasi jerih payahnya.

Siswa yang telah berusaha keras, ternyata tidak menunjukan hasilnya yang sempurna, tetap harus Anda apresiasi agar semangat belajarnya melecut untuk lebih baik lagi dipertemuan selanjutnya.

4. Selalu respon dan memberikan solusi atas keluhan-keluhannya

Ibu dan ayah adalah orang tua di rumahnya. Tetapi di sekolah, mereka menganggap Anda sebagai orang tuanya. Biasanya di rumah, mereka mengeluh kepada orang tuanya. Saat berada di sekolah, Anda harus selalu respon dan memberikan solusi terbaik atas keluhan atau permasalahan yang dihadapinya.

Intinya, Anda harus berusaha menjadi pendengar yang baik. Apapun permasalahan siswa, baik itu soal pelajaran maupun persoalan pribadinya di luar sekolah, Anda harus tetap meresponnya dengan baik dan memberikan solusi sesuai yang dibutuhkan siswa.

5. Siap sedia untuk menjadi pembimbing

Guru bukan hanya sekedar pengajar, yang menjelaskan panjang lebar materi pelajaran, tanpa memperdulikan anak didiknya sudah paham atau tidak. Tetapi, guru adalah sosok pembimbing yang selalu sabar dalam menjawab ketidak mengertian siswa, membantu dalam memecahkan segala masalah yang dihadapinya, dan suka rela membimbing dengan meluangkan banyak waktu meskipun di luar jam pelajaran.

6. Selalu hadir setiap jam pelajaran

Anda adalah contoh teladan bagi semua siswa. Maka, rajinlah untuk selalu hadir di jam pelajaran yang telah ditentukan. Dengan begitu, semua siswa akan meniru kebiasaan baik Anda dengan selalu mengikuti jadwal pelajaran setiap harinya.

7. Perlihatkan contoh sikap guru teladan

Mulai dari tutur kata yang santun, budi pekerti yang baik, jujur, rajin, dan kebiasaan-kebiasaan positif lainnya. Itu semua harus Anda miliki, karena semua siswa akan melihat dan menirunya.
Itulah beberapa contoh sikap yang harus Anda miliki sebagai guru teladan bagi siswa. Semoga bermanfaat!