Cara Mengajar di Kelas yang Muridnya Luar Biasa Nakal
Cari Berita

Atas


Cara Mengajar di Kelas yang Muridnya Luar Biasa Nakal

Jumat, 30 Agustus 2019

Cara mengajar di kelas yang muridnya luar biasa nakal ini dapat diterapkan.

Membingungkan bukan mencari cara mengajar di kelas yang muridnya luar biasa nakal? Tentunya, memiliki murid yang sulit untuk dikendalikan merupakan hal yang memusingkan. Namun, kadang situasi semacam itu tidak bisa dihindari. Lebih buruk lagi jika tidak hanya satu atau dua, tapi hampir seisi kelas sangat bandel. Bagaimana cara mengatasi mereka?

Ajak Bicara dari Hati ke Hati

Percaya atau tidak, anak-anak kompak menjadi nakal di kelas biasanya dipicu oleh keinginan mendapatkan perhatian. Mereka umumnya terlanjur dilabeli buruk dan menjadi public enemy. Padahal, mereka sebenarnya hanya ingin diperlakukan dan diperhatikan secara adil. Jika ini masalahnya, pastikan untuk mengajak bicara mereka dari hati ke hati.

Jadilah Guru yang Menyenangkan

Anda bisa mencoba teknik yang satu ini, yaitu dengan menyukai apa yang mereka sukai. Misalkan anak-anak bandel itu menyukai sepak bola, maka cari informasi sebanyak mungkin tentang cabang olahraga tersebut. Jadi, ketika mereka membicarakan tentang bola, tidak ada salahnya Anda ikut bergabung. Hal ini dapat membuat Anda memenangkan hati mereka.

Jangan Suka Membandingkan

Kalau Anda harus mengajar di kelas yang dipenuhi anak-anak super nakal, jangan sekali-kali membandingkan dengan kelas lain. Terutama dengan kelas yang dihuni oleh murid-murid teladan atau unggulan. Hal itu justru akan memicu mereka untuk membangkang lebih keras. Inilah metode efektif cara mengajar di kelas yang muridnya luar biasa nakal.

Berikan Mereka Kepercayaan

Ingin meluluhkan hati mereka agar kelas yang dipenuhi anak nakal tersebut menurut pada Anda? Cara selanjutnya sangat mudah, yaitu dengan memberi mereka kepercayaan. Instruksikan sesuatu yang sederhana pada mereka dan katakan bahwa Anda yakin mereka dapat mengerjakannya dengan baik. Keyakinan Anda akan membuat mereka tersentuh.

Berikan Pujian untuk Tindakan Positif Sesederhana Apapun Itu

Anak-anak semacam itu sangat jarang melakukan hal-hal positif. Namun, bukan berarti mereka terus menerus berbuat onar. Ada saat di mana kesadaran mereka menuntun untuk melakukan satu kebaikan kecil. Ketika hal itu terjadi, Anda harus tanggap dan memberikan pujian. Dengan begitu, mereka akan terdorong untuk lebih sering melakukan hal yang baik.

Tegur dengan Tegas Namun Tidak Menggunakan Tindakan Fisik

Tegas dengan melakukan kekerasan merupakan dua hal yang berbeda. Dalam menghadapi kelas yang super bandel, Anda harus bersikap tegas dengan memberi teguran. Namun ingat, tidak menggunakan tindakan fisik. Selain dilarang oleh undang-undang, juga akan membuat tingkah laku murid semakin tidak terkontrol.

Berbicara dengan Orang Tua atau Wali Murid

Jika cara-cara sebelumnya tidak menunjukkan hasil sesuai harapan, maka langkah terakhir adalah dengan berdiskusi dengan orang tua murid atau wali. Sampaikan segala upaya yang sudah Anda lakukan untuk memperbaiki situasi. Bukan untuk mengadu, tapi guna mencari solusi terbaik bersama-sama.

Jadi, jika Anda mendapatkan tugas mengajar di kelas yang bandel, tidak perlu putus asa dulu. Sebab, banyak cara mengajar di kelas yang muridnya luar biasa nakal sebagai langkah antisipasi. Tidak harus melibatkan hukuman fisik dan semacamnya.