Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Alasan Sekolah Swasta Selalu Diminati Oleh Orang tua Siswa

7 Alasan Sekolah Swasta Selalu Diminati Oleh Orang tua Siswa
Kelebihan-kelebihan inilah yang menjadikan alasan sekolah swasta selalu diminati oleh orang tua siswa saat ini

Kualitas lembaga pendidikan, menjadi patokan dasar bagi setiap orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Apakah harus memilih sekolah negeri atau swasta? Sekolah negeri memang yang terbaik, karena didukung oleh pemerintah. Tetapi, sekolah swasta juga memiliki banyak kelebihan dibanding sekolah negeri. Kelebihan-kelebihan itulah yang menjadikan alasan sekolah swasta selalu diminati oleh orang tua siswa saat ini.

Memilih Sekolah Negeri atau Swasta?


Dari sisi kurikulum secara umum, keduanya memiliki kesamaan karena di bawah asuhan Pemerintah. Jika orang tua memilih salah satu dari keduanya pun, tidak masalah. Meskipun demikian, faktanya sekolah swasta selalu diminati oleh orang tua siswa. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena beberapa alasan berikut ini:

1. Harga Menentukan Kualitas

Sudah menjadi rahasia umum, biaya masuk dan bulanan di sekolah swasta cukup tinggi. Hal inilah yang menjadi jaminan bahwa sekolah swasta memiliki kualitas terbaik dibandingkan sekolah negeri.

Bagi orang tua siswa, harga bisa dikatakan nomor dua. Tetapi, pendidikan ilmiah dan karakter adalah nomor satu. Hanya di sekolah swasta, pendidikan ilmiah melalui kurikulum plus dan pendidikan karakter melalui pendalaman agama, bisa siswa dapatkan.

2. Kualitas Layanan

Sekolah swasta menjamin semua layanannya berkualitas terbaik. Mulai dari layanan pendidikan, sarana dan prasarana, kenyamanan lingkungan, kegiatan sekolah, dan keamanan.
Tidak membuat orang tua merasa dibebani diharuskan membayar lebih, karena sudah pasti diimbangi dengan kualitas layanan terbaik yang akan diterima anaknya selama berada di sekolah.

3. Kualitas Pengajar Profesional

Semua pengajar atau guru di sekolah swasta harus memiliki kemampuan lebih di bidangnya. Lewat tahapan seleksi yang ketat, pengajar di sekolah swasta sudah pasti memiliki kompetensi terbaik dan dituntut untuk mengajar secara profesional.

Kualitas pengajar sangat penting untuk pendidikan siswa. Oleh karena itu, orang tua tidak perlu khawatir menyekolahkan anaknya di sekolah swasta, karena akan selalu dibimbing oleh tenaga pengajar profesional yang dapat memahami kemampuan setiap anak didiknya.

4. Jaminan Lulusan Terbaik Menjadi Ahli di Bidangnya

Kemampuan siswa akan terus dikembangkan melalui metode belajar mendalami bakat-bakat yang dimilikinya. Sehingga, siswa akan menjadi lulusan terbaik yang menjadi ahli di bidangnya.
Jaminan ini sangat diutamakan. Karena sebagai salah satu keunggulan sekolah swsata yang tidak sepenuhnya dimiliki oleh sekolah negeri.

5. Layanan Komplain

Untuk memperbaiki etos kerja para pengajar, sekolah swasta menyediakan layanan komplain. Orang tua bisa mengajukan komplain terkait pembelajaran yang diterima anaknya di sekolah.
Dengan adanya layanan ini, proses belajar mengajar akan terus diperbaiki. Harapan orang tua pun sangat terbuka lebar untuk meyakinkan anaknya dapat mempelajari materi ajar secara maksimal sesuai keahlian yang dimilikinya.

6. Kegiatan Ekstra Kurikuler yang Beragam

Sekolah swasta terkenal dengan kegiatan ekstra kurikulernya yang mengasyikkan. Selain kegiatan belajarnya di dalam kelas, aspek belajar di luar mata pelajaran pun dihadirkan untuk mengasah kemampuan siswa di bidangnya. Dengan begitu, setiap siswa pun dapat memilih kegiatan tersebut sesuai keinginannya.

7. Sarana dan Prasarana Lengkap dan Berkualitas

Di sekolah swasta, semua sarana dan prasana yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, disediakan secara lengkap dan berkualitas. Mulai dari ruang belajar yang nyaman, perpustakaan dengan buku bacaan yang lengkap, lapangan olahraga standar kualitas terbaik, dan lain sebagainya.

Semua fasilitas tersebut bisa sepenuhnya dimanfaatkan siswa untuk keperluan belajarnya agar lebih maksimal.

Alasan-alasan tersebut di atas menjadikan sekolah swasta selalu diminati oleh orang tua siswa untuk meyakinkan anaknya menerima pembelajaran sesuai harapan. Untuk menemukan sekolah swasta terbaik, orang tua harus benar-benar selektif dan memikirkan matang-matang, sekolah mana yang harus dipilih untuk anaknya.