Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Ulangan K13 Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 dan 2

Soal Ulangan K13 Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 dan 2
Download soal ulangan kelas 6 K13 TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP dengan SUBTEMA 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan, dan SUBTEMA 2 Hewan Sahabatku.

Ulangan atau penilaian pada jenjang SD dan sederajat kelas 6 yang menggunakan Kurikulum 2013 (K13) terdiri dari Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS). PTS dan PAS semester 1 untuk kelas 6 SD/MI disesuaikan dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan.

Dalam K-13 untuk kelas 6 SD/MI disediakan beberapa tema, setiap tema memiliki 3 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Ulangan atau penilaian harian dilaksanakan setiap akhir subtema. Proses evaluasi berupa penilaian harian, PTS, dan PAS kelas 6 SD/MI dilakukan dengan pendekatan tematik.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 6 sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal.

Lihat juga: Soal Ulangan Matematika Kelas 6 Semester 1 K-13

Soal ulangan K13 kelas 6 terdiri dari beberapa KD muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Soal ulangan semester 1 Kelas 6 SD/MI disusun berdasarkan kisi-kisi terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian.

Tema 1 yang digunakan pada semester ganjil Kelas 6 K13 revisi terbaru yaitu TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP dengan SUBTEMA 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan, SUBTEMA 2 Hewan Sahabatku, dan SUBTEMA 3 Lestarikan dan Hewan Tumbuhan. Berikut contoh soal ulangan kelas 6 SD/MI tema 1 subtema 1 dan 2:

PPKn KD 3.1

2. Berikut ini adalah nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila terutama sila kemanusiaan yang adil dan beradab, kecuali ...
A. Mengembangkan sikap tenggang rasa
B. Menolong teman yang jatuh dari sepeda
C. Gotong royong mendirikan rumah
D. Membantu korban bencana

8. Sebutkan 3 manfaat melakukan kerjasama dalam kelompok!

Bahasa Indonesia KD 3.1

10. Laporan hasil pengamatan dapat dibuat berdasarkan ....
A. Cerita
B. Pengalaman
C. Fakta
D. Rencana

14. Gagasan yang menjadi pokok pengembang paragraf disebut ....
15. Tulislah langkah-langkah dalam menemukan ide pokok suatu paragraf ....

IPA KD 3.1

19. Jahe, lengkuas, dan kunyit berkembangbiak dengan cara ....
21. Burung elang berkembangbiak dengan cara ...
24. Apa yang dimaksud dengan penyerbukan?

IPS KD 3.1

27. Sungai yang terkenal mengalir di negara Laos adalah ....
28. Negara penghasil karet terbesar di dunia adalah ....
31. Bergerak di bidang apakah kegiatan ekonomi Singapura?

SBdP KD 3.1

34. Yang termasuk bahan lunak dalam membuat patung adalah ....
A. kayu
B. batu
C. plastisin
D. besi

37. Jenis tanah yang bisa untuk membuat patung adalah ....
39. Jelaskan perbedaan karya seni dua dimensi dan karya tiga dimensi!

Download Naskah Soal Ulangan Kelas 6 SD/MI Tema 1 Subtema 1 dan 2


Selengkapnya naskah soal ulangan kelas 6 K13 TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP dengan SUBTEMA 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan, dan SUBTEMA 2 Hewan Sahabatku yang belum disertai dengan kunci jawabannya berformat .PDF dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi ujian atau ulangan harian, ulangan tengah semester 1, khususnya kelas 6 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas yang belum disertai dengan kunci jawabannya. Selain kompetensi pengetahuan (KI 3), siswa juga harus menguasai kompetensi ketrampilan (KI 4).