Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Ulangan Matematika Kelas 6 Semester 1 K-13

Soal Ulangan Matematika Kelas 6 Semester 1 K-13
Soal ulangan atau soal penilaian akhir semester 1 pelajaran Matematika kelas 6 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 yang disertai kunci jawabannya.

Penilaian harian, penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS) untuk mata pelajaran Matematika terpisah dengan Tematik. Pada Kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru untuk kelas 6 SD/MI, Matematika menjadi mata pelajaran sendiri. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi ulangan atau ujian, khususnya kelas 6 SD/MI dapat mengerjakan soal-soal latihan.

PAS atau ulangan akhir semester 1 (UAS) dilaksanakan sesuai dengan Kalender Pendidikan. PAS semester ganjil dilaksanakan sekitar bulan Desember. Jadwal pelaksanaan PAS semester 1 kelas 6 SD/MI K-13 dibuat oleh Dinas Pendidikan. Sedangkan Jadwal PTS atau dulu dikenal dengan Ulangan Tengah Semester (UTS) dilaksanakan sekitar akhir bulan September sampai awal bulan Oktober.

Lihat juga: Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013

Salah satu kelengkapan perangkat pembelajaran guru kelas 6 adalah Program Semester (Promes) dan Program Tahunan (Prota). Kompetensi Dasar (KD) merupakan salah satu unsur dalam Kurikulum 2013, KD mengandung muatan pengetahuan, keterampilan ataupun sikap yang harus dicapai siswa. Berikut bunyi KD mata pelajaran Matematika kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013:

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)

3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.

3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya

3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data

Soal Penilaian Akhir Semester 1 Matematika Kelas 6


Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!

5. Suhu di kutub utara mencapai 41 derajat celsius di bawah 0 derajat celsius pada musim dingin. Penulisan yang benar suhu tersebut menggunakan bilangan negatif adalah ....

6. Lawan dari bilangan negatif sembilan sepuluh sembilan adalah ....

11. Hasil dari 25 + (-41) = ....

15. Hasil dari 190 - (-5) x 25 = ....

20. Hitunglah operasi berikut dengan menggunakan garis bilangan, 4 + (-5) = ...

Download Soal Ulangan Semester 1 Matematika Kelas 6 K-13


Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian akhir semester 1 pelajaran Matematika kelas 6 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 yang disertai kunci jawabannya yang berformat .PDF dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Soal UAS atau PAS semester 1 Matematika kelas 6 SD/MI disusun berdasarkan kisi-kisi. Soal UAS semester ganjil mata pelajaran Matematika kelas 6 terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi UAS atau PAS, khususnya kelas 6 SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mendownload dan mengerjakan soal-soal latihan di atas.