Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Ulangan Semester 1 Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

Soal Ulangan Semester 1 Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup
Download naskah soal PAS atau ulangan akhir semester 1 kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Tema  1 Selamatkan Makhluk Hidup yang berformat .pdf

Penilaian akhir semester (PAS) pada Kurikulum 2013 (K-13) atau juga dikenal dengan Ulangan akhir semester (UAS) ganjil dilaksanakan pada sekitar bulan Desember sesuai dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Jadwal pelaksanaan PAS semester 1 kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 dibuat oleh Dinas Pendidikan.

Untuk setiap tema kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap akhir dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH). Tema  1 Selamatkan Makhluk Hidup yang digunakan untuk penilaian akhir semester ganjil Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 revisi terbaru yaitu:

Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan
Subtema 2 Hewan Sahabatku
Subtema 3 Lestarikan dan Hewan Tumbuhan

Soal UAS atau penilaian akhir semester 1 Kelas 6 SD/MI disusun berdasarkan kisi-kisi terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Soal PAS K-13 kelas 6 SD/MI terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Pemetaan kompetensi dasar (KD) kelas 6 SD/MI sesuai K-13 revisi terbaru perlu dilakukan untuk mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Pemetaan KD akan mempermudah guru kelas 6 SD/MI membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal.

Contoh Soal Ulangan Kelas 6 SD/MI Tema 1 Subtema 1, 2, dan 3


Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!

PPKn KD 3.1

2. Saat naik busHasan menyerahkan tempat duduknya pada seorang ibu yang sedang menggendong anaknya. Sikap Hasan sesuai dengan nilai Pancasila sila ke ....
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2

7. Sebutkan 3 contoh sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila sila ke 4 dalam kehidupan sehari-hari!
8. Sebutkan 3 contoh sikap di sekolah yang sesuai dengan Pancasila sila ke 5!

Bahasa Indonesia KD 3.1

11. Pembiakan hewan terus dilakukan supaya tidak terjadi kelangkaan. Arti kata pembiakan adalah .....
13. Langkah awal dalam menuliskan laporan hasil pengamatan adalah ....
16. Tulislah langkah-langkah membuat laporan pengamatan!

IPA KD 3.1

18. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara membelah diri adalah ....
A. bakteri
B. ganggang
C. paramecium
D. jamur

23. Jelaskan perbedaan ovipar dan ovovivipar!
24. Sebutkan 3 cara perkembangbiakan secara vegetatif buatan!

IPS KD 3.1

27. Bentuk pemerintahan negara Singapura adalah ....
29. Bangunan peninggalan kekaisaran Khmer yang terkenal adalah ....
32. Sebutkan 3 hal yang melatarbelakangi lahirnya ASEAN!

SBdP KD 3.4

36. Ukiran yang sering ditemui pada candi-candi disebut ....
37. Tujuan dibuatnya patung Budha adalah ....
40. Sebutkan 3 teknik membuat patung!

Download Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1


Soal ulangan kelas 6 terdiri dari soal pilihan ganda, soal dengan dengan jawaban singkat dan soal uraian. Selengkapnya naskah soal UAS atau PAS semester 1 kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Tema  1 Selamatkan Makhluk Hidup yang belum disertai dengan kunci jawabannya dan yang berformat .pdf itu dapat didownload melalui link berikut ini:


Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi penilaian harian, penilaian tengah semester dan Penilaian Akhir Semester 1, khususnya Kelas 6 Tema  1 Selamatkan Makhluk Hidup dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas yang belum disertai dengan kunci jawabannya. Selain kompetensi pengetahuan (KI 3), siswa juga harus menguasai kompetensi ketrampilan (KI 4).

Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian akhir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per muatan pelajaran.