Tips Bagi Pelamar CPNS Formasi Guru SD Agar Lolos Tes CPNS
Cari Berita

Atas


Tips Bagi Pelamar CPNS Formasi Guru SD Agar Lolos Tes CPNS

Rabu, 27 November 2019

Tips Bagi Pelamar CPNS Formasi Guru SD Agar Lolos Tes CPNS
Tips bagi pelamar CPNS formasi guru SD adalah kiat untuk menyelesaikan segala tes dan uji CPNS dengan tepat, cepat dan akurat.

Menurut Soedaryono (2000:6) Pegawai Negeri Sipil adalah masyarakat yang mencari penghasilan dengan bekerja di institusi pemerintahan. Beliau juga mengungkapkan, kalau calon PNS harus memiliki kecakapan, di antaranya kecakapan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Maka dari itu, tips bagi pelamar CPNS formasi guru SD, salah satunya harus memiliki kecakapan di atas.

Mengapa kami menitikberatkan pada CPNS formasi guru SD? Karena menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumenep dalam rangka pembukaan Upacara Hari Jadi PGRI 2018 di Kabupaten Sumenep, formasi ini menyerap lebih banyak tenaga pengajar dibandingkan sekolah yang lain.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya PNS di sekolah-sekolah terpencil. Maka dari itu, dibutuhkan guru fresh graduated yang mumpuni. Namun, peluang besar ini bisa tak tersentuh jika calon guru tidak mengetahui tips lolos seleksi CPNS khusus formasi guru SD bagi lulusan jurusan PGSD. Maka dari itu di bawah ini kami jelaskan tipsnya:

1. Melengkapi Berkas Pendaftaran

Kiat yang pertama adalah pastikan kalau berkas pendaftaran sudah dilengkapi dan tidak ada satupun yang tertinggal. Karena, untuk poin ini, tim seleksi begitu ketat memilih. Kurang satu dokumen, maka lamaran akan ditinggalkan.

2. Menyertakan Sertifikat Kegiatan dan Prestasi

Sekalipun di dalam persyaratan berkas tidak dicantumkan, sertifikat kegiatan dan prestasi, bisa dilampirkan. Karena ini bisa menjadi acuan tim seleksi untuk meloloskan ke tahap berikutnya.

3. Memahami Materi Psikotes Secara Utuh

Psikotes adalah bentuk materi yang akan diujikan dalam seleksi CPNS. Ironinya, ujian inilah yang sering kali mengganjal pelamar lolos menjadi PNS guru SD.

Maka dari itu, mempelajarinya sampai paham adalah tips yang bagus. Sehingga, ketika ujian, pelamar tidak kesulitan dan tetap tenang sekalipun bentuk soal ujiannya sangat berat karena membutuhkan keputusan jawaban yang super cepat.

4. Pelajari Soal-Soal Ujian Seleksi CPNS Tahun Sebelumnya

Tips bagi pelamar CPNS formasi guru SD yang ke empat adalah mempelajari soal ujian seleksi tahun sebelumnya. Pelamar bisa membaca bukunya yang banyak dijual di toko-toko buku.

5. Mantapkan Jiwa Kebangsaan

Untuk tes CPNS, biasanya juga ada ujian pengetahuan tentang kebangsaan. Seperti masalah toleransi, terorisme, pancasila, bendera, tradisi dan lain sebagainya.

Untuk bisa lolos fase ini, pastikan jiwa harus mantap terlebih dahulu, kalau diri akan berbakti kepada bangsa dan negara. Maka nantinya, kesadaran ini yang akan memacu otak untuk berpikir terkait kebangsaan. Sehingga soal yang diberikan bisa dilalui dengan mudah, cepat dan tepat.

6. Berdoa

Tips yang terakhir adalah banyak berdoa. Karena urusan seleksi CPNS adalah urusan persaingan satu orang calon PNS guru SD dengan ribuan calon yang lainnya. Ingat! Nilai tes ilmu pengetahuan boleh sama tinggi, angka psikotes juga sama berkualitas, tetapi keberuntungan terkadang yang menentukan.

Maka dari itu, berdoa agar dimudahkan ketika mengikuti ujian adalah tips yang tidak terbantahkan. Bahkan dengan harapan semacam ini, membuat pelamar nyaman mengikuti tahapan-tahapan seleksi hingga pengumuman kelulusan.

CPNS Format Guru SD Tahun 2019


Saat ini, BKN Indonesia sudah membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan kuota 37.425 untuk pusat sedangkan di daerah sebanyak 114.861 untuk seluruh Indonesia dengan berbagai macam formasi termasuk guru SD. Persyaratan yang perlu dipenuhi adalah:

 Pas Foto berwarna berlatarbelakang merah
 Swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun
 KTP/Surat Keterangan Kependudukan dari Dispendukcapil
 Ijazah
 Transkrip nilai
 Surat lamaran
 Dokumen pendukung yang disyaratkan instansi diminati

Jika ingin lolos menjadi guru SD berstatus PNS, pastikan tahu caranya. Sebagian besar sudah dijelaskan pada tips bagi pelamar CPNS formasi guru SD di atas. Selamat mencoba.