Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sekolah yang Mahal, Pasti Bagus! Benarkah Begitu?

Sekolah yang Mahal, Pasti Bagus! Benarkah Begitu?
Anda tentu pernah mendengar ungkapan sekolah yang mahal, pasti bagus! Benarkah begitu? Ulasan berikut ini bakal sangat membantu.

Bagi setiap orangtua, tentu ingin buah hati mereka memperoleh pendidikan terbaik. Bahkan kadang dilakukan berbagai cara agar anak bisa masuk institusi pendidikan berkualitas. Hanya saja kadang semakin bagus sekolah, tentu biaya yang dibebankan juga makin mahal. Tak heran banyak yang berpendapat bahwa sekolah yang mahal, pasti bagus! Benarkah begitu?

Mungkin ada banyak di antara Anda yang setuju dengan pendapat itu. Namun tahukah Anda bahwa sebetulnya biaya pendidikan mahal tidak menjamin kualitas. Nah, supaya bisa memilih sekolah yang tepat untuk buah hati. Ulasan berikut layak dipertimbangkan.

Kenapa Ada Sekolah Pasang Tarif Sangat Mahal?


Semakin meningkatnya biaya pendidikan terutama di kota-kota besar memang membuat orangtua harus bekerja ekstra keras. Bahkan ada beberapa yang rela menghabiskan seluruh penghasilannya demi harga diri agar buah hati masuk sekolah bergengsi. Memang apa sih yang membuat biaya sekolah itu bisa melambung? Sebetulnya tak lepas dari fasilitas dan layanan yang diberikan.

Coba lihat, sekolah-sekolah dengan biaya pendidikan fantastis jelas memiliki gedung yang besar dan mewah. Berbagai fasilitas seperti laboratorium, perangkat audio visual, ruangan kelas ber-AC, lapangan ber-AC, antar jemput bus sekolah hingga katering jelas ditawarkan yang membuat biaya sekolah pun melambung. Namun apakah sekolah mahal pasti bagus? Tentu dipengaruhi kualitas tenaga pendidik.

Kata Pakar Pendidikan Soal Sekolah Mahal Pasti Bagus


Lantas sekolah yang mahal, pasti bagus! Benarkah begitu? Prof Dr H Arief Rachman, MPd selaku Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO pun angkat bicara. Seperti dilansir Republika, Guru Besar UNJ (Universitas Negeri Jakarta) ini justru berharap orangtua menghilangkan pandangan itu. Menurut Arief, biaya mahal disebabkan biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh orangtua.

Tak hanya itu, sekolah-sekolah mahal seringkali hanya mengambil kelompok ekonomi tertentu sebagai calon siswanya. Karena itu menurut Arief, sekolah yang berprestasi harus ditempuh dengan biaya pendidikan selangit tidaklah selamanya tepat. Sekolah seharusnya lebih mengutamakn proses pendidikan semenjak siswa masuk hingga lulus. Karena itulah sekolah mahal tidak otomatis jadi sekolah bagus.

Sekolah-Sekolah Murah Juga Berkualitas


Jika pendapat sekolah yang mahal, pasti bagus! Benarkah begitu? Tidak selamanya benar, ada baiknya orangtua kini mulai mempertimbangkan kualitas anak didik saat memilih sekolah. Ada dua kunci utama yang menjadikah sebuah sekolah berkualitas yakni guru dan manajemen sekolah. Manajemen sekolah adalah penentu kualitas baik pada sekolah yang mahal atau murah.

Manajemen sekolah yang memiliki visi pendidikan kuat jelas akan selalu menemukan cara-cara kreatif mengatasi tantangan, sehingga tetap bisa memajukan sekolah di tengah terbatasnya uang operasional. Karena itu manajemen sekolah harus selalu memberi dukungan kepada guru dengan tetap memberi mereka kesempatan dan akses sumber belajar.

Mungkin ada baiknya juga sedikit belajar pada Jepang mengenai membangun struktur pendidikan berkualitas. Berbeda dengan di Indonesia, pendidikan wajib belajar di Jepang adalah gratis bagi seluruh siswa baik anak kurang mampu atau berada. Bahkan anak-anak kurang mampu memperoleh biaya bantuan khusus dari pemerintah untuk biaya makan siang, kebutuhan belajar hingga piknik.

Tips Pilih Sekolah Anak yang Tepat


Meskipun ada banyak sekali alasan pilih sekolah mahal, orangtua adalah pemegang kendali utama yang bertanggung jawab atas pendidikan buah hati. Agar anak tetap mendapat fasilitas pendidikan terbaik dan orangtua bisa memberikan dana yang sesuai kemampuan, beberapa tips berikut layak dicoba:

1. Tentukan dulu kriteria karena jenis sekolah ada banyak. TK dan SD merupakan investasi jangka panjang sehingga pastikan memilih dengan tepat entah mau sekolah nasional, internasional, nasional plus, berbasis agama atau sekolah alam

2. Pastikan memilih sekolah didasari kebutuhan dan minat anak, bukannya keinginan Anda semata. Untuk itu perbanyak informasi mengenai sekolah incaran baik mengenai biaya pendidikan hingga kualitas alumni

3. Pertimbangkan pula mengenai lokasi sekolah dan fasilitas tambahan apakah memang benar-benar diperlukan atau tidak. Dengan begitu Anda bakal bisa memilih sekolah lebih bijaksana

Jika Anda memang sudah menerapkan tips-tips di atas dengan tepat, tentu anak akan mendapatkan institusi pendidikan terbaik. Jadi apakah sekolah yang mahal, pasti bagus! Benarkah begitu? Anda tentu kini sudah memiliki jawaban yang lebih bijaksana.

Berlangganan via Email