Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Try Out Ujian Sekolah SD Mapel Matematika Tahun 2020

Soal Try Out Ujian Sekolah SD Mapel Matematika Tahun 2020
Download naskah soal latihan try out ujian sekolah mapel Matematika bagi siswa kelas VI SD tahun pelajaran 2019/2020.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang Sekolah Dasar (SD) mulai tahun 2020 ini telah dihapus. Sebagai gantinya, pemerintah melaksanakan ujian sekolah (US) atau biasa disebut assesement. Pelaksanaan ujian akhir bagi siswa kelas 6 SD tahun ini sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah. Bahkan, seluruh sekolah harus membuat soal ujian masing-masing.

Dinas Pendidikan (Disdik) telah mengeluarkan kisi-kisi untuk pembuatan soal ujian sekolah bagi SD pada 2020 ini. Jadi, dari kisi-kisi ujian sekolah SD tahun 2020  ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk belajar siswa kelas VI SD. Jadwal ujian sekolah akan dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2020. Salah satu mata pelajaran (mapel) yang diujikan yaitu Matematika.

Materi Pokok Ujian Sekolah SD Mapel Matematika

1. Bilangan

a. Operasi hitung bilangan cacah
b. Operasi hitung bilangan bulat
c. Operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga
d. FPB dan KPK
e. Pecahan
f. Perbandingan

2. Geometri dan pengukuran

a. Satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volume
b. Luas dan keliling segiempat
c. Sifat, Luas dan Keliling lingkaran
d. Sifat-sifat bangun ruang
e. Koordinat kartesius
f. Simetri dan pencerminan

3. Pengolahan data

a. Penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang dan diagram lingkaran
b. Rata-rata hitung dan modus

Soal Try Out Ujian Sekolah SD Mapel Matematika


31. Seorang pengunjung sedang mengamati denah hutan wisata. Ia melihat jarak dari pintu masuk menuju tempat air terjun 6 cm. Jika skala denah hutan wisata tersebut 1 : 25.000, berapa km jarak sebenarnya dari pintu masuk menuju air terjun? Tuliskan langkah penyelesaiannya!

32. Sofiah menabung setiap 4 hari sekali. Faza menabung setiap 6 hari sekali. Andri menabung setiap 8 hari sekali. Jika pada hari selasa mereka menabung bersama sama, maka pada hari apakah mereka menabung bersama-sama lagi untuk kedua kalinya?

33. Sebuah taplak meja berbentuk lingkaran memiliki diameter 28 cm. Jika 4 bagian taplak itu berwarna merah dan sisanya berwarna putih, berapa centimeter persegi luas bagian taplak yang berwarna putih?

34. Sebuah taman berbentuk persegi panjang akan ditanami pohon palem di sekelilingnya dengan jarak antar pohon 8 m. Jika panjang dan lebar taman tersebut berturut-turut 120 m dan 100 m, maka berapa pohon palem yang dibutuhkan?

Download Soal Try Out Ujian Sekolah SD Mapel Matematika


Jumlah butir soal ujian sekolah Matematika di atas sebanyak 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Selengkapnya soal latihan try out ujian sekolah mapel Matematika bagi siswa kelas VI tahun pelajaran 2019/2020 yang belum disertai dengan kunci jawaban bisa didownload melalui link berikut ini:


Soal ujian sekolah mapel Matematika memuat tiga level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Untuk bahan belajar menghadapi ujian sekolah, bisa menggunakan soal try out atau soal prediksi ujian sekolah SD tahun 2020 yang didapat dari internet atau buku. Semoga bermanfaat.