Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Susah Makan pada Anak
Cari Berita

Atas


Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Susah Makan pada Anak

Minggu, 19 April 2020

Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Susah Makan pada Anak
Anak yang susah makan tentu bikin pusing orangtua. Untuk itu coba pahami penyebab dan cara mengatasi masalah susah makan pada anak

Melihat buah hati bisa makan dengan lahap tentu membuat orangtua manapun merasa tenang. Karena artinya metabolisme mereka bakal bekerja maksimal dan dijauhkan dari penyakit. Sehingga ketika anak sudah enggan makan, orangtua tentu bakal pusing sendiri. Supaya tidak cemas, ada baiknya orangtua tahu apa penyebab dan cara mengatasi masalah susah makan pada anak.

Alasan-Alasan yang Bikin Anak Susah Makan


Sebelum tahu seperti apa sih cara mengatasi masalah susah makan pada anak, hal pertama yang harus diketahui orangtua adalah penyebabnya. Beberapa orangtua lebih memilih marah dan kesal kepada anak yang selalu menolak makanan. Padahal menurut dr Prapti Utami Msi selaku pemerhati herbal, untuk mengatasi anak yang susah makan haruslah melihat bagaimana kebiasaannya di rumah.

Seperti dilansir Liputan6, dr Prapti menyebutkan kalau ada beberapa alasan yang membuat seorang anak jadi susah makan. Apa yang diungkapkan dr Prapti itu senada dengan kutipan dari Boldsky seperti berikut ini:


  1. Penyebab susah makan pada anak yang pertama adalah karena buah hati baru saja sembuh dari sakit. Misalkan saja flu, pilek atau demam, mereka cenderung tak mau makan karena menganggap rasa masakan itu hambar. Untuk itu Anda tak perlu memaksanya makan terlalu banyak
  2. Menyediakan masakan dengan aneka lauk pauk tentu sangat menyenangkan. Namun tahukah Anda, ada beberapa anak yang malah tidak jadi makan karena terlalu banyak pilihannya. Lantaran bingung, keinginan untuk makan pun jadi menurun
  3. Alergi terhadap jenis makanan tertentu bisa membuat anak benar-benar takmau memakannya. Misalkan saja dia jadi gatal-gatal kalau makan seafood, maka sekalipun Anda menjelaskan kandungan gizi olahan laut, dia tak akan mau makan sama sekali. Untuk itu, orangtua harus lebih peka

Jangan Bingung, Inilah Cara Mengatasi Anak Sulit Makan


Anak yang rewel dan tak mau makan memang bisa bikin orangtua kehilangan kesabaran dan marah. Padahal dalam penelitian yang diterbikan dalam Journal of Child Psychology and Psychiatry, faktor genetik juga mempengaruhi kebiasaan anak kecil susah makan. Jadi kalau Anda termasuk suka pilih-pilih makanan, besar kemungkinan menurun ke buah hati.

Supaya tidak menimbulkan emosi yang merugikan, berikut ini beberapa cara mengatasi masalah susah makan pada anak yang bisa dicoba:

1. Bikin Jadwal dan Porsi Makan yang Tepat


Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk anak yang sulit makan adalah dengan menetapkan jadwal dan porsi yang tepat. Biasakan anak untuk makan tiga kali sehari sebagai makanan utama dan dua kali makanan selingan. Jangan paksa anak makan di saat jam mereka tidur, karena itu akan membuat mereka tak tahu kapan waktunya makan dan waktunya kenyang.

Agar di mau makan, berikan makanan dalam porsi kecil. Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), alih-alih memberikan makan dalam porsi besar, lebih baik memberi makan dalam porsi kecil tapi sering. Bahkan IDAI menganjurkan agar anak yang sulit makan menyantap makanan dalam porsi kecil, dengan jarak minimal tiga jam seperti dilansir Hello Sehat.

2. Ciptakan Waktu Makan Menyenangkan


Agar anak bersemangat setiap kali mau makan, coba untuk menciptakan suasana menyenangkan saat mereka makan. Misalkan saja Anda ajak dia main masak-masakan untuk menyiapkan makanan dan kemudian disantap bersama. Bisa juga mengundang teman-temannya untuk makan di rumah, sehingga buah hati ikut semangat saat makan.

3. Sajikan Makanan yang Menarik


Siapapun tentu lebih berselara makan jika masakan yang ada di depannya tersaji menarik, begitu pula anak kecil. Tak ada salahnya kalau Anda mencetak nasi dan lauk yang dia makan dalam tampilan yang kreatif, misalkan saja wajah lengkap dengan mata dan rambut yang dihias menggunakan wortel dan rumput laut.

Namun bukan sekadar indah secara penyajian, makanan ini tetap harus melengkapi nutrisi yang dibutuhkan anak. Padukan makanan yang berasa gurih dengan buah-buahan yang manis supaya anak tidak bosan.

Ketahuilah, orangtua adalah role model seorang anak. Untuk itulah orangtua harus memberikan contoh cara makan yang benar dan tidak pilih-pilih. Dengan begitu, anak akan mengikuti perilaku orangtua dan bakal lebih mudah makan. Bagaimana? Sudah cukup memahami penyebab dan cara mengatasi masalah susah makan pada anak? Anda bisa mencoba menerapkannya di rumah.