Pertanyaan dan Jawaban Kelas 4 - 6 SD TVRI 22 April 2020
Cari Berita

Atas


Pertanyaan dan Jawaban Kelas 4 - 6 SD TVRI 22 April 2020

Rabu, 22 April 2020

Pertanyaan dan Jawaban Kelas 4 - 6 SD TVRI 22 April 2020
Pertanyaan dan jawaban Belajar dari Rumah tayangan TVRI rabu 22 April 2020, untuk siswa kelas 4 - 6 SD.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui TVRI meluncurkan program " Belajar dari Rumah" sebagai alternatif belajar di tengah pandemi Covid-19. Setiap hari dari Senin hingga Jumat ada siaran pembelajaran untuk seluruh jenjang termasuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Selain memberikan jadwal, Kemendikbud juga memberikan panduan bagi orangtua dan guru dalam mengembangkan pembelajaran dari rumah yang ditayangkan di TVRI setiap harinya.

Tayangan Belajar dari Rumah TVRI, Rabu 22 April Untuk SD kelas 4-6


Tema: Sejarah dan Budaya Maluku

Kompetensi dikembangkan:
Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya.

Ringkasan Belajar dari Rumah Kelas 4 - 6 SD TVRI 22 April 2020

Pada segmen 1, video membahas mengenai tanaman pala. Tanaman pala merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari gugusan Pulau Maluku. Ada 6 varietas unggul pala yang menyebar di seluruh Indonesia. Tanaman pala yang dikembangkan di Maluku sejak zaman penjajahan Belanda dan menjadi komoditas utama yang Maluku.

Tari Soya-Soya berasal dari Pulau Kayoa, Halmahera, yang kemudian menyebar di seluruh Maluku Utara. Tari Soya-Soya merupakan tarian perang yang diciptakan secara spontan pada masa penjajahan Belanda ketika VOC berusaha menguasai Maluku. Tari Soya-Soya hanya ditarikan oleh para lelaki. Setiap gerakannya bermakna semangat perjuangan rakyat Maluku dalam melawan Belanda.

Lirik lagu "Rasa Sayange" yang berisikan nasihat tentang hubungan sosial antarmanusia terdapat pada; Rasa sayange rasa sayang sayange, Eeee lihat dari jauh rasa sayang sayange. Dan di akhir lagu ini liriknya selalu diakhiri dengan kalimat "Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi".

Pertanyaan dan Jawaban Kelas 4-6 SD TVRI Rabu 22 April 2020


1. Bagaimana cara membudidayakan tanaman buah pala?​

Cara membudidayakan tanaman buah pala adalah dengan cara generatif (biji) dan juga dengan vegetatif. Pala merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak dihasilkan di Maluku dan Banda.

2. Soya-Soya merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Maluku Utara. Apa yang harus kamu lakukan untuk melestarikan budaya nasional seperti tari Soya- Soya?

Soya-Soya merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Maluku Utara. Yang harus saya lakukan untuk melestarikan budaya nasional seperti tari Soya-Soya adalah mengerti sejarah tarian, berasal dari mana, dan memahami makna tarian tersebut.

3. Apa nasihat yang terdapat dalam lagu “Rasa Sayange”? Nyanyikan lagu “Rasa Sayange” di depan ayah bundamu!

Nasihat yang terdapat dalam lagu "Rasa Sayange" adalah hubungan sosial antarmanusia dan rasa sayang terhadap lingkungan. Nasihat pada lagu "Rasa Sayange" terdapat pada bait-bait lagu yang berbentuk pantun yang bersahut-sahutan.

Panduan umum orangtua kelas 4-6 SD


Untuk Kompetensi Literasi, ampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian. Jika memungkinkan, seluruh hasil anak didokumenkan dan diserahkan ke sekolah.