Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Menjadi Guru yang Selalu Dikenang Murid Saat Mereka Sukses

Supaya Guru Menjadi Sosok yang Dikenang Murid Saat Mereka Sukses
Beberapa hal yang wajib dilakukan oleh seorang guru untuk menjadi sosok yang selalu dikenang para murid saat mereka sudah sukses kelak.

Ada yang bilang bahwa rahasia orang sukses adalah menghormati orangtua dan guru. Hal itu tidaklah salah, karena kedua sosok itulah yang bertanggung jawab membentuk kepribadian seorang anak hingga meraih mimpi mereka di masa depan. Apalagi untuk guru di jenjang Sekolah Dasar (SD) yang bertanggung jawab di tahap awal jenjang pendidikan wajib belajar seorang manusia.

Meskipun memang guru-guru di jenjang pendidikan lain juga sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang, guru SD memiliki tanggung jawab cukup berat. Selain karena jenjang pendidikan SD adalah enam tahun, guru SD wajib memberikan pendidikan dasar yang jadi pondasi penting seseorang mulai dari aspek keterampilan, sikap, keimanan, pengetahuan dan kecerdasan.

Hal ini yang pernah diungkapkan Walikota Padang, H.Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo. Seperti dilansir Maklumatnews, Mahyeldi berpesan bahwa kunci sukses seseorang adalah hormat pada orangtua dan guru. Lebih lanjut, Mahyeldi menjelaskan kalau orangtua adalah pendidik utama di lingkup keluarga dan lingkungan, sementara guru adalah membentuk karakter seseorang di sekolah.

Tentunya untuk menjadi sosok yang selalu dikenang para murid saat mereka sudah sukses kelak, ada beberapa hal yang wajib dilakukan oleh seorang guru seperti berikut ini:

1. Paham Materi Pelajaran


Saat ini anak-anak SD memang begitu paham menggunakan smartphone dan mencari informasi lewat Google. Namun mau bagaimanapun juga, posisi guru sebagai sumber informasi tidak bisa dilepaskan. Karena itulah, guru harus tetap memperbanyak pengetahuan, supaya mereka sangat memahami materi yang tengah diajarkan.

Lihat juga: Miliki 10 Sifat Ini Supaya Menjadi Guru Idola

Guru yang selalu bisa menjawab segala pertanyaan murid dengan memuaskan tentu akan membuat murid takjub, segan dan akan selalu terkenang sampai dewasa.

2. Metode Mengajar Inovatif


Berbeda dengan guru-guru di jenjang SMP, guru SD haruslah lebih banyak bermain karena para murid yang diajari masih anak-anak. Apalagi guru kelas 1-3, sehingga harus memiliki metode belajar yang inovatif. Misalkan saja, mengajak murid belajar di taman sambil bermain atau belajar kosakata bahasa lewat film kartun. Cara-cara ini akan membuat murid sangat menghormati gurunya.

3. Disiplin dan Bertanggung Jawab


Salah satu kunci orang sukses adalah disiplin dan tanggung jawab. Untuk itulah kedua hal ini harus dilakukan oleh seorang guru. Jika guru ingin jadi sosok yang dihormati, cobalah bertindak disiplin dan penuh tanggung jawab. Misalkan saat telat masuk kelas, jangan segan untuk minta maaf. Meskipun penuh kasih, guru juga harus mengajarkan murid-muridnya bersikap disiplin.

4. Mempercayai Murid


Apa yang membuat banyak orang sukses menghormati guru mereka? Tak lain karena sosok guru yang sangat mempercayai muridnya. Meskipun terdengar sepele, tapi ketika guru berkata ‘saya yakin kamu pasti bisa mengerjakan soal ini’, murid akan termotivasi dan bukan tidak mungkin kalimat tersebut memberikan pengaruh besar ke masa depannya kelak.

5. Jadi Teladan yang Baik


Terakhir, guru harus bisa jadi teladan yang baik dalam hal pemikiran dan perbuatan. Guru yang baik dan layak dihormati, adalah sosok yang juga sangat menghormati rekan-rekan kerjanya, bersikap ramah dan sopan. Guru yang sempurna akan tetap tegas tapi tidak pernah melakukan perundungan verbal kepada muridnya.

Jika semua guru melakukan hal di atas, bukan tak mungkin kalau makin banyak orang-orang sukses yang menghormati guru dan orangtua karena begitu mempengaruhi kehidupan mereka. Karena ketika guru sudah bersikap sebagai tenaga pendidik yang profesional dan sangat humanis, di situlah waktunya para murid untuk tumbuh jadi pribadi yang berkualitas.

Berlangganan via Email