Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Modul Belajar dari Rumah untuk Kelas 2 Tema 2

Modul Belajar dari Rumah untuk Kelas 2 Tema 2
Download file .PDF Modul "Ayo! Belajar dari Rumah" untuk Kelas 2 tema 2 Bermain di Lingkunganku.

Modul Belajar dari Rumah untuk Kelas 2 Tema 2 disusun sebagai model rujukan bagi kegiatan pembelajaran dalam masa Pandemi Covid 19 untuk jenjang Sekolah Dasar. Supaya proses belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi Covid-19 berjalan lancar telah disusun Modul Belajar Mandiri untuk kelas 2 semester 1.

Modul untuk kelas 2 tema 2 disusun dalam beberapa rangkaian kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran daring kelas 2 ini berbasis tema dan mapel dengan berbagai penyesuaian mengikuti pedoman pembelajaran di masa pandemi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lihat juga: Soal Penilaian K-13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 3

Ada penyerderhanaan kurikulum dengan penyesuaian Kompetensi Dasar dan diusahakan untuk tidak berulang. Sehingga akan ada perbedaan modul dengan buku Tematik yang dipakai dalam kondisi normal. Kompetensi Dasar yang akan diulang di semester 2 tidak diprioritaskan untuk dibahas di modul kelas 2 semester 1 ini.

Pada kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru untuk tema 2 untuk kelas 2 adalah Bermain di Lingkunganku yang terdiri dari 4 subtema, yaitu: Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah, Subtema 2 Bermain di Rumah Teman, Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah, dan Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata.

Pemetaan Kompetensi Dasar Muatan Pelajaran Kelas 2 Tema 2


PPKN
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah

BAHASA INDONESIA
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

MATEMATIKA
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

SBDP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari

PJOK
3.2 Memahami variasi gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


Download Modul Belajar dari Rumah untuk Kelas 2 Tema 2


Modul untuk kelas 2 ini dapat menjadi panduan bagi guru, siswa dan orang tua ketika belajar di rumah. Modul ini juga dilengkapi dengan latihan soal yang menarik dan interaktif untuk memotivasi siswa belajar dengan lebih menyenangkan dari rumah. File .PDF Modul "Ayo! Belajar dari Rumah" untuk Kelas 2 tema 2 Bermain di Lingkunganku dapat Anda download melalui link berikut ini:




Tujuan pembelajaran tidak difokuskan pada pencapaian kompetensi pengetahuan semata tetapi membekali siswa dengan kecakapan hidup dan memberi rasa aman belajar dari rumah. Guru diharapkan mengembangkan ide-ide pembelajaran kreatif sesuai dengan situasi dan kondisi. Guru diharapkan juga menekankan pentingnya motivasi dan juga nilai-nilai karakter pada anak.