Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Berbagai Masalah yang Dihadapi Siswa dan Guru Akibat Covid 19

Berbagai Masalah yang Dihadapi Siswa dan Guru Akibat Covid 19

Sudah sekitar delapan bulan siswa menjalani belajar dari rumah karena sekolah harus ditutup untuk mencegah semakin menyebarnya virus corona atau covid-19. Namun, belajar jarak jauh dari rumah terdapat berbagai masalah. 

Masalah tidak hanya dialami siswa tapi juga guru. Masalah pelaksanaan pembelajaran dengan daring ini dari yang ringan sampai berat. Masalah-masalah yang dihadapi siswa maupun guru selama belajar dari rumah sebagai berikut:

1. Guru memberi tugas siswa yang sangat banyak. Sehingga siswa merasa tertekan bahkan stress dengan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Satu tugas belum selesai, sudah ada lagi tugas dari guru lain yang sama banyaknya. Belum lagi deadline pengumpulan yang begitu cepat.

2. Gadget yang tidak memadai. Ada kasus dimana dalam satu keluarga memiliki 3 anak yang masih sekolah, tetapi hanya memiliki 1 handphone. Lalu, bagaimana mereka bisa mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas dengan cepat jika harus bergantian menggunakan handphone tersebut.

3. Kuota internet tidak cukup. Belajar dari rumah memaksa siswa dan guru harus menggunakan internet untuk komunikasi. Banyak yang mengeluh karena sistem daring menghabiskan banyak kuota internet. Siswa harus selalu online untuk mengetahui dan mengirim tugas dari guru.

4. Jaringan internet yang sulit. Masalah ini masih terkait dengan sebelumnya. Terutama di daerah pedesaan yang sangat pelosok. Siswa sulit untuk mendapat jaringan atau sinyal. Sehingga ada yang siswa naik ke gunung untuk dapat online dan mengerjakan tugasnya.

5. Guru merasa tertekan dan bingung. Tidak hanya siswa yang meras tertekan, tetapi guru pun juga merasakan hal yang sama. Sampai ada guru yang depresi karena memikirkan hal ini. Setiap guru pasti menginginkan siswa dapat memahami materi yang dipelajari, namun itu sulit terwujud.

6. Siswa bukan belajar malah bermain. Berbeda dengan di sekolah yang sedikit gangguan dan diawasi langsung oleh guru. Peran orang tua sangat penting ketika anak belajar di rumah. Karena jika anak tidak diawasi dan dibimbing dengan baik mereka malah menggunakan gadgetnya untuk bermain game.


Itulah masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa maupun guru selama Covid-19. Sebenarnya masih banyak masalah-masalah yang dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring. Bagi Anda yang ingin menambahkan atau memberi solusi bisa menuliskannya di kolom komentar.

Berlangganan via Email