Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal Ulangan atau Penilaian Harian Kelas 3 Tema 3

Kumpulan Soal Ulangan atau Penilaian Harian Kelas 3 Tema 3

Untuk kelas 3 SD/MI pada Kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar menggunakan metode tematik terpadu. Tema menjadi pengikat beberapa muatan pelajaran. Ada 4 tema pembelajaran untuk kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 pada semester 1 adalah tema 1 sampai 4. 

Setiap tema terdiri dari beberapa Kompetensi Dasar (KD) muatan mata pelajaran. Setiap tema dibagi menjadi 4 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Evaluasi hasil belajar dengan soal penilaian harian kelas 3 dilaksanakan setiap selesai subtema.


Pada Kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru untuk tema 3 untuk kelas 3 SD/MI adalah Benda di Sekitarku, yang terdiri dari; Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku, Subtema 2 Wujud Benda, Subtema 3 Perubahan Wujud Benda, dan Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR (KD) KELAS 3 TEMA 1


PPKN
3.1 Memahami arti gambar pada Lambang negara “Garuda Pancasila”
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari- hari.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

MATEMATIKA
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
3.2 "Menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti ½, 1/3, , dan , ¼ ) yang disajikan pada garis bilangan"
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

BAHASA INDONESIA
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.5 Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan

SBDP
3.1 Mengetahui unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
3.3 mengetahui dinamika gerak tari
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung

PJOK
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

KUMPULAN SOAL PENILAIAN KELAS 3 TEMA 3


Soal penilaian harian kelas 3 SD/MI tema 3 Benda di Sekitarku disusun berdasarkan kisi-kisi indikator setiap KD muatan pelajaran yang muncul di tema 3 sesuai pemetaan KD. Soal ulangan latihan penilaian harian kelas 3 SD/MI K-13 tema 3 dapat dilihat melalui link berikut ini:


Soal ulangan harian kelas 3 SD/MI tema 3 Benda di Sekitarku di atas terdiri dari soal pilihan ganda, soal jawaban singkat dan soal uraian. Soal latihan penilaian harian kelas 3 tema 3 dapat menambah bank soal untuk bahan persiapan menghadapi ulangan harian, penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS).