Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Anak Jenius Perlu Perlakuan Khusus, Ini Tipsnya

Anak Jenius Perlu Perlakuan Khusus, Ini Tipsnya

Anak jenius perlu perlakuan khusus ini faktanya. Setiap anak memiliki kepribadiannya masing-masing, bahkan bakatnya pun tidak akan sama. Ada yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi dan ada yang kecerdasannya standar saja. Sebagai orang tua berikan perlakuan yang tepat pada anak. Sebab, jika tidak anda berikan perhatian dan pendidikan yang tetap, maka justru berakibat buruk.

Itulah pentingnya peran orangtua sebagai pemandu anak dalam kehidupan. Bahkan orangtua pun menjadi guru yang bisa membimbing anak hingga tumbuh dewasa. Apalagi bagi anak yang memiliki tingkat kelebihan intelektual (jenius). Kelebihan yang ada memang menjadi keuntungan, namun juga bisa mengakibatkan timbulnya masalah. Dari sinilah mengapa anda perlu memberikan perhatian kepada anak sejak dini.

Anak Jenius Perlu Perlakuan Khusus


Anak yang memiliki tingkat intelektual tinggi memang tidak bisa dianggap sembarangan. Anda perlu memberikan perhatian khusus pada anak yang jenius. Namun sayangnya justru hal ini berbahaya pada anak jika tidak diimbangi dengan perhatian yang lebih. Masalah yang bisa timbul yaitu dengan tidak adanya kesejajajaran antara kemampuan mentalnya dengan emosional.

Hal inilah yang bisa membuat anak jenius seringkali mengalami frustasi dengan kehidupan. Sebab, anak-anak yang genius sudah memiliki pola pemikiran lebih jauh dari orang pada umumnya. Namun, hal inilah yang justru bisa membuatnya merasa frustasi. Bahkan anak yang jenius pun tidak mampu memahami dirinya sendiri jika hal tersebut menjadi suatu kelebihan.

Kelebihan ini menjadi anugerah karena dapat memiliki potensi yang lebih daripada yang lainnya. Hal ini perlu dipahami sejak awal. Sebagai orang tua, anda harus bisa lebih mengenal karakter anak sejak dini. Hal ini bertujuan agar anak tidak menyala gunakan apa yang dimilikinya. Itulah faktanya mengapa anak jenius justru harus mendapatkan perhatian khusus dari orangtua  dan lingkungannya.

Penanganan pada Anak-Anak Jenius


Kelebihan yang dimiliki anak jenius sebenarnya bisa merubah dunia menjadi lebih baik. Asalkan penanganannya tepat, maka anak pun bisa tertata pola pikirnya dengan lurus. Sebaiknya orang tua berikan perlakukan yang tepat agar bisa menjaga kejeniusan anak. Sebaiknya berikan keleluasaan, namun dengan catatan bisa tumbuh dengan baik dan benar. Sebagai contoh:
  • Mengembangkan kejeniusannya menjadi ahli matematika
  • Mengasah ilmu kimia
  • Rancang bangunan, dan masih banyak jenis lainnya.

Berikan dukungan yang besar untuk anak jenius agar bisa tersambung dengan bakatnya. Maka dari itu, sebaiknya orang tua mengetahui kondisi anak sejak dini. Berikan perawatan khusus untuk membuatnya tetap nyaman. Sesuaikan dengan bakat yang dimiliki, jangan memaksanya. Sebab, jika hal ini anda paksakan justru membuat anak lebih memiliki emosional tinggi bahkan frustasi.

Sebagai orang tua perlu memberikan yang terbaik dalam menghadapi anak jenius. Sebab, anak jenius perlu perlakuan khusus agar bisa memiliki pemahaman yang tepat dalam menyalurkan pikiran dan emosinya.