Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Hal Penting Persiapan Anak Kembali Ke Sekolah di Era New Normal

5 Hal Penting Persiapan Anak Kembali Ke Sekolah di Era New Normal
Persiapan anak kembali ke sekolah.

Selama pandemi Covid-19 ini berlangsung, sekolah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh. Untuk melakukan tatap muka kembali ada sejumlah persiapan anak kembali ke sekolah yang perlu diperhatikan. Apalagi di era new normal seperti sekarang ini.

Orang tua harus mengajarkan kepada anak agar senantiasa menjalankan protokol kesehatan. Hal ini mungkin terasa sulit, akan tetapi ini dilakukan semata-mata untuk keselamatan anak juga.

Ini Dia 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Persiapan Anak Kembali ke Sekolah

Ketika akan kembali ke sekolah, anak-anak harus tetap waspada. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar bisa memulai sekolah dengan aman. Apa saja itu?

1. Selalu Menjaga Sistem Imun

Supaya anak-anak yang akan masuk sekolah kembali selalu sehat dan tidak rentan terkena virus, maka menjaga sistem imun bisa anda lakukan dengan mencukupi semua kebutuhan vitamin serta mineral anak.

Disamping konsumsi buah dan sayur anda juga bisa mencukupi kebutuhan anak dengan suplemen multivitamin.

2. Menjelaskan Kepada Anak Mengenai Perubahan Kondisi Sekolah

Bicarakan kepada anak bahwa ada beberapa hal yang akan berubah di sekolah. Seperti tata letak kursi yang berjarak. Jam masuk dan pulang sekolah yang berbeda. Guru pengajar yang berbeda dan lain sebagainya.

Ini bertujuan supaya anak tidak kaget saat kembali ke sekolah dengan suasana dan aturan baru.

3. Menjelaskan Tentang  Protokol Kesehatan Kepada Anak

Anda bisa memberikan gambaran pada anak tentang aktivitas sekolah kembali di era new normal. Anak-anak harus tetap patuh pada protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus. Cara yang bisa dilakukan seperti:

  • Pengecekan suhu tubuh sebelum masuk gedung sekolah
  • Memakai masker
  • Mencuci tangan dengan air dan sabun
  • Membawa hand Sanitizer
  • Menghindari bersalaman dengan teman dan orang lain
  • Tidak berbagi minum dan makanan atau peralatan sekolah lain dengan teman.

4. Persiapan dari Pihak Sekolah

Pihak sekolah dan lembaga pendidikan lainnya harus memperhatikan beberapa hal sebagai persiapan anak kembali ke sekolah . Tujuannya supaya anak-anak bisa kembali ke sekolah dengan aman.

Lihat juga: Tips Menjadi Guru SD yang Kreatif di Era New Normal

Agar kegiatan belajar mengajar di era new normal ini bisa berjalan dengan baik, maka persiapan yang harus dilakukan adalah:

  • Menyediakan sanitasi
  • Mempunyai akses ke fasilitas kesehatan masyarakat
  • Bisa menerapkan area wajib masker
  • Melakukan pengukuran suhu tubuh
  • Membuat kesepakatan dengan komite pendidikan.

5. Kembali ke Rutinitas

Ketika masa karantina di rumah, waktu tidur dan bangun anak berubah. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba untuk memulai membiasakan anak kembali ke rutinitasnya. Anda bisa melatih anak untuk disiplin. Sebaiknya anak tidak tidur terlalu malam agar bisa bangun pagi untuk menyiapkan keperluan sekolah dan lain sebagainya.

Selain itu, anda juga tak perlu merasa cemas dan khawatir secara berlebihan. Dengan tetap melakukan berbagai persiapan anak kembali ke sekolah secara matang di era new normal. Maka anak bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru dan tetap waspada ketika bersekolah.

Berlangganan via Email