Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Menyiapkan Anak Menghadapi New Normal

Tips Menyiapkan Anak Menghadapi New Normal
Sebagai orangtua, beberapa tips menyiapkan anak agar siap menghadapi new normal berikut ini layak dipertimbangkan.

Kendati hingga akhir Juni 2020 ini kasus positif Covid-19 sudah menembus 50 ribu orang, faktanya pemerintah begitu ngotot untuk menerapkan new normal. Tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan orangtua, karena artinya buah hati bakal masuk sekolah. Agar tidak salah, ada baiknya orangtua memahami tips agar anak siap hadapi new normal.

Kenapa harus paham? Karena bagaimanapun juga, kondisi kehidupan setelah pandemi Covid-19 tidaklah sama dengan sebelumnya. Seperti yang diketahui, anak-anak ketika di sekolah akan begitu aktif dan bermain dengan teman-temannya, sehingga protokol kesehatan diabaikan. Supaya tidak berbahaya, berikut tips-tips anak hadapi new normal yang wajib diketahui orangtua:

1. Jelaskan Soal New Normal


Dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ dari RS Siloam Bogor dalam sesi Popmama Talk berkomentar, bahwa tips pertama agar anak siap hadapi new normal ialah dengan memberikan penjelasan tepat soal new normal. Di mana sekalipun orang-orang mulai beraktivitas, bukan berarti virus corona sudah lenyap. Anak harus terbiasa melihat orang-orang di sekolah menggunakan masker.

Begitu pula dengan tetap adanya pembatasan sosial meskipun tak seketat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), anak harus tahu bahwa mungkin akan ada hal-hal yang tidak bisa mereka lakukan seperti dulu.

2. Ajari Gaya Hidup Sehat


Jika sesuai dengan jadwal, Tahun Pelajaran 2020/2021 dimulai pada 13 Juli nanti. Karena hanya tinggal dua pekan lagi dan tidak mungkin pandemi Covid-19 berakhir, orangtua harus mengenalkan prosedur kesehatan standar yang tepat. Misalkan saja, biasakan anak menggunakan masker, selalu membawa hand-sanitizer sampai tak berbagi makanan/minuman dengan teman.

3. Jelaskan Bahaya Covid-19


Tips agar anak siap sambut new normal berikutnya adalah dengan memberikan penjelasan yang mudah dimengerti soal Covid-19. Jangan bikin anak takut pada wabah corona, tapi juga jangan buat mereka meremehkan. Jelaskan kalau sampai saat ini vaksin Covid-19 belum ditemukan, tapi dengan sistem imun tubuh yang kuat, siapapun bisa mengalahkan virus corona.

4. Latih Kedisiplinan Anak


Agar seluruh protokol kesehatan yang sudah dijelaskan benar-benar dipahami dan diterapkan oleh anak, orangtua harus melatih betul kedisiplinannya. Misalkan saja, saat pulang ke rumah anak harus cuci tangan dengan sabun dan setiap kali hendak makan di sekolah, wajib menggunakan hand-sanitizer.

Selain itu, kedisiplinan juga berkaitan dengan jam tidur dan bangun anak. Seperti yang diketahui, selama pandemi Covid-19, anak belajar di rumah dan kerap membuat jadwal istirahat dan belajarnya berantakan. Sehingga hari-hari awal sekolah, bukan tak mungkin mereka bakal terlambat bangun. Agar semua terbiasa lagi, wajib bagi orangtua melatih kedisiplinan anak.

5. Jangan Terlalu Cemas


Saat buah hati harus sekolah lagi di masa new normal, tentu banyak orangtua yang cemas. Cemas jika anak bisa tertular corona sehingga membuat beberapa orangtua kelewat over-protective. Rasa cemas yang berlebihan di saat pandemi Covid-19 justru berbahaya.

Lihat juga: Ketahui Potensi Risiko Terinfeksi Virus Corona pada Anak-Anak

Dalam artikel yang ditulis Nidal Moukaddam, MD, PhD, selaku dosen dan psikiatri Sekolah Tinggi Kesehatan Baylor di Houston, Texas, kecemasan berlebih bisa memicu gangguan tidur. Untuk itulah alih-alih terlalu cemas, ada baiknya orangtua memberikan penjelasan sesuai usia anak soal corona ini. Dengan begitu anak akan paham dan tidak ada lagi kecemasan.

Supaya tips-tips agar anak siap hadapi new normal di atas bisa diterapkan dengan tepat, kedua orangtua harus saling memberikan dukungan. Jika perlu, lakukan kerjasama dengan guru di sekolah agar buah hati tetap aman, nyaman dan sehat saat harus kembali ke sekolah nanti.

Berlangganan via Email