Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah Demi Kesehatan

Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah Demi Kesehatan

Banyak sekali olahraga yang dianjurkan Rasulullah. Bahkan tidak sedikit yang baik untuk kesehatan. Manfaat yang diberikan cukup beragam dan tidak merugikan.

Sebagai umat Muslim tidak ada salahnya untuk terus mengikuti perintah Allah dan Rasul-Nya. Dalam menjaga kesehatan, Islam memberikan berbagai anjuran untuk terus berolahraga. Ada hadist yang menyebutkan bahwa menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan.

Lihat juga: Selalu Dinanti, Ini Suka Duka Menjadi Guru Olahraga di SD

Beragam Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah

Ada beberapa olahraga yang diperintahkan oleh Rasulullah. Olahraga yang dilakukan cukup mudah dan bermanfaat bagi kesehatan. Tak hanya mudah tetapi olahraga ini juga terbilang murah. Bahkan tidak memerlukan alat khusus untuk melakukannya.

Menjaga kesehatan dalam Islam adalah suatu hal yang penting. Pasalnya dengan tubuh yang sehat umat muslim bisa menjalankan berbagai ibadah yang diwajibkan. Sehingga aktivitas sehari-hari bisa berjalan dengan lancar.

Berikut adalah beberapa pilihan olahraga yang juga dilakukan oleh Rasulullah SAW:

1. Renang

Olahraga pertama yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW adalah berenang. Renang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan efek yang diberikan sangat baik untuk membakar kalori dalam tubuh.

Selain olahraga yang dianjurkan Rasulullah, renang juga menjadi cabang olahraga yang bisa memberikan manfaat bagi seluruh anggota tubuh. Baik dari dalam maupun luar seperti kesehatan jantung dan paru-paru.

2. Berkuda 

Semua orang pasti sudah tahu bahwa Rasulullah gemar berkuda. Nah, inilah yang mendasari kenapa berkuda baik untuk kesehatan. Pasalnya interaksi dengan kuda juga bisa meningkatkan insting serta hubungan manusia dengan hewan.

Kini berkuda adalah olahraga yang cukup populer bagi kalangan muslim. Banyak orang-orang yang memelihara kuda agar bisa menikmati olahraga serupa. Sehingga kesehatan mereka bisa terjaga dengan baik dan maksimal.

3. Berlari

Lari merupakan olahraga yang dianjurkan Rasulullah. Olahraga ini terbilang cukup praktis dan mudah. Bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukannya.

Zaman dahulu Rasulullah pernah mengikuti perlombaan lari bersama sang istri. Sahabat beliau pernah meminta perlombaan lari dan meminta persetujuannya. Sehingga sampai saat ini banyak orang yang juga menyukai olahraga ini.

4. Memanah

Terakhir adalah olahraga memanah yang cukup populer bagi setiap muslim. Olahraga ini membutuhkan ketangkasan, ketepatan bidikan, dan konsentrasi. Selain itu diperlukan fisik yang kuat agar bisa menarik tali busur pada panah.

Memanah merupakan olahraga yang dianjurkan Rasul yang sampai saat ini terus dilakukan umat muslim. Kekuatan diperlukan agar bidikan bisa tepat pada sasaran. Sehingga seseorang yang bisa mengendalikan diri dalam menjaga kemampuan memanah.

Zaman dahulu ketika perang senjata yang diandalkan untuk mendapatkan kemenangan.Sehingga memanah adalah kekuatan yang bisa membantu umat muslim dalam menghidupkan kedamaian.

Nah, itulah beberapa olahraga yang dianjurkan Rasulullah. Lakukan semuanya dengan hati yang ikhlas agar memperoleh berkah dari Allah SWT.

Berlangganan via Email