Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Trik Jitu Menjaga Kesehatan Mental Anak dengan 30 Menit Quality Time

Trik Jitu Menjaga Kesehatan Mental Anak dengan 30 Menit Quality Time
Perhatian dari orangtua akan membantu anak terjaga kesehatan mentalnya.

Saat pandemi Covid-19 ini, sangat berdampak signifikan bagi kesehatan fisik maupun mental. Banyak anak-anak yang tidak dapat mengikuti kegiatan sekolah dan diwajibkan di rumah sehingga mereka jenuh tanpa ada kegiatan. Tidak hanya itu, sebagian orang tua mendapati sikap anak-anak lebih murung dan bosan ketika di rumah. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental anak.

Orangtua harus menyiasati apa yang harus dilakukan agar anak tetap semangat menjalani kegiatan di rumah. Meski begitu, orangtua harus memberikan kegiatan yang positif dan mengurangi ketergantungan anak pada gadget. Seperti membatasi penggunaan gadget selama 30 menit saja dan lain sebagainya.

Trik Jitu dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak


Membicarakan  soal mental anak, orangtua harus meluangkan quality time-nya yaitu mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Rutinitas yang berkualitas akan membuat anak merasa dicintai, disayangi, dan diperhatikan.

Psikolog dan mental health advocate Anastasia mengungkapkan sebagian orang tua mengalami kebingungan dalam mendampingi dan menentukan permainan anak. Padahal yang anak inginkan  hanyalah bagaimana agar dapat bersama orangtua setiap waktu.

1. Meluangkan 30 Menit Quality Time


Tentunya perhatian dari orangtua sangat berperan penting, terutama dalam perkembangan mental anak. Orang tua bisa meluangkan waktu 30 menit per hari untuk quality time.

Bermain bersama anak dengan melakukan permainan fisik misalnya bermain boneka, bola, maupun bercerita. Selain dapat membantu menstimulasi otak anak, sekaligus dapat membantu menjaga mental anak dalam kondisi tetap sehat.

2. Berolahraga Dengan Anak


Olahraga sangat penting. Tidak hanya untuk fisik anak, tapi juga untuk kesehatan mental anak. Selain mencegah resiko depresi pada anak, olahraga dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir agar anak tidak mudah bosan.

Luangkan waktu anda 30 menit untuk mengajak anak anda berolahraga. Selain dapat menambah kebugaran anak, dengan berolahraga kita mengajari anak menjaga kesehatan.

Ada beberapa pilihan olahraga yang dapat dilakukan seperti menari, lompat tali, senam anak, atau dapat mengikuti panduan olahraga lainnya yang baik untuk anak.

3. Mengajak Anak Berperilaku Hidup Bersih


Orangtua memberikan contoh kepada anak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, mengelola emosi, tenang dan melakukan pendekatan kepada anak. Hubungan orangtua dan anak yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan anak.

4. Menjadi Tempat Curhat yang Baik


Meluangkan waktu 30 menit quality time untuk mendengarkan cerita dari anak tentang keluh kesahnya. Menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Turut berperan mengatasi kesulitan anak. Sehingga orangtua lebih mengenali anak dalam tumbuh kembangnya. Perhatian dari orangtua akan membantu anak terjaga kesehatan mentalnya.

Nah, begitu pentingnya dalam menjaga kesehatan anak, peran dari orangtua dalam memperhatikan tumbuh kembang anak di saat pandemi seperti ini. Menjaga kesehatan mental anak dengan 30 menit quality time setiap hari, berolahraga dengan anak, dan menjalin komunikasi yang baik dengan anak. 

Berlangganan via Email