Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru Berperan Mengawasi Kedisiplinan Protokol Kesehatan di Sekolah

Guru Berperan Mengawasi Kedisiplinan Protokol Kesehatan di Sekolah
Guru berperan mengawasi prokes di sekolah.

Pengawasan protokol kesehatan di sekolah perlu terus dilakukan oleh guru. Setelah sekolah memastikan telah memenuhi daftar periksa yang ditetapkan pemerintah, maka harus betul-betul menjalankannya dengan disiplin pada pembelajaran tatap muka berjalan. 

Lihat juga : Kemendikbud Tetap Buka Sekolah Juli 2021 Meski IDAI Tak Setuju

"Sekolah ini jangan cuma menuhin, ini ada di check list, ada ini. Tapi pelaksananya itu jauh lebih penting. Jadi ketika anak itu sudah disiapkan masuk sekolah, maka guru juga harus menyiapkan pemantauan yang benar-benar disiplin," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro.

Ia menambahkan, orang tua memiliki peran yang besar untuk mengarahkan anaknya ketika pembelajaran tatap muka dilakukan. Orang tua juga perlu untuk melakukan pengawasan langsung ke sekolah untuk memastikan keamanan anak-anaknya sebelum pembelajaran tatap muka. 

"Jadi orang tua harus turun tangan, lihat sendiri di lapangan seperti apa. Dan itu sekolah juga harus terbuka. Termasuk semua komunikasi itu harus dilakukan karena ini kita sama-sama mengawasi," kata Reisa yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (11/05/21).

Semakin banyak pencegahan terhadap Covid-19 atau virus corona yang dilakukan selama pembelajaran tatap muka, akan semakin baik. Ia mengatakan, pada dasarnya, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak harus betul-betul diterapkan.  

"Jadi sekarang sudah ada 3M, boleh ditambah 5M. Yang penting makin banyak proteksi yang kita lakukan, akan semakin melindungi kita dalam infeksi virus Covid-19," kata Reisa, dalam diskusi daring, Jumat (7/5).