Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download RPP Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2

Download RPP Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2

Seorang guru kelas 4 harus membuat dan mempunyai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang merupakan penjabaran dari silabus. RPP merupakan rencana yang isinya merangkum prosedur dan organisasi pembelajaran. RPP tersebut merupakan kegiatan untuk setiap tatap muka dalam kelas. RPP adalah perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki guru.

Matematika SD Kurikulum 2013 menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri. Untuk mata pelajaran Matematika di kelas 4, pada buku Tematik Terpadu kedalaman materinya terasa dangkal. Akibatnya, siswa tidak mendapatkan pemahaman konsep Matematika secara mendalam. Sehingga, digunakan buku mata pelajaran Matematika kelas 4.

Materi pokok Matematika kelas 4 semester 2 sesuai Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

Bab 4 Bangun Datar
A. Bangun Segibanyak
B. Keliling Bangun Datar
C. Luas Bangun Datar

Bab 5 Statistika
A. Membaca dan Menafsirkan Data
B. Penyajian Data dalam Diagram Batang

Bab 6 Pengukuran Sudut (Download)
A. Pengukuran Sudut dalam Satuan Baku dengan Busur Derajat
B. Pengukuran Sudut Bangun Datar dengan Busur Derajat

Sedangkan Kompetensi Dasar (KD) dari Kompetensi pengetahuan (KI3) mata pelajaran Matematika Kelas 4 semester 2 adalah sebagai berikut:

3.7. Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat

3.8. Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan

3.9. Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua

3.10. Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret

3.11. Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang

3.12. Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat

Download RPP Matematika Kelas 4 Semester Genap Kurikulum 2013

Banyak sekali ditawarkan RPP Matematika yang sudah jadi, bahkan ada yang menjualnya. Bagi guru kelas 4 dapat menyusunnya sendiri karena itu sudah biasa dan tidak sulit. Mengingat begitu pentingnya RPP, SekolahDasar.Net akan membagikan filenya secara gratis. File RPP mapel Matematika kelas 4 semester genap dapat didownload melalui link berikut ini:


Manfaat memiliki RPP Matematika bagi guru kelas 4 adalah mempermudah mengorganisasi pemikiran akan ide dan implementasi. Selain itu, seorang guru kelas 4 dapat melaksanakan pembelajaran Matematika secara berurutan dan sistematis. Dengan RPP Matematika kelas 4 semester genap ini seorang guru dapat melihat lagi catatan dan RPP yang sudah disusun.

Manfaat yang lainnya guru kelas 4 dapat melihat kekurangan dan kelebihan pada dirinya yang berkaitan dengan penyampaian dan pembelajaran Matematika. Sehingga guru kelas 4 dapat mengoreksi dan penyempurnaan perencanaan pembelajaran tersebut. Dengan RPP Matematika kelas 4 semester 2 proses pelaksanaan pembelajaran pun dalam berjalan dengan baik dan efisien.