Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghadapi Anak Nakal Secara Efektif Tanpa Harus Memarahinya

Cara Menghadapi Anak Nakal Secara Efektif Tanpa Harus Memarahinya

Cara menghadapi anak nakal harus dilakukan dengan cara tepat. Anak kerap dianggap nakal lataran tidak mematuhi keinginan orang tua. Padahal bisa saja orang tua yang kurang memahami anak tersebut. 

Sebenarnya orang tua harus memahami perilaku apa yang ditampilkan anak sampai anak tersebut mendapatkan label nakal. Jangan sampai Anda merasa jengkel karena anak tak bisa diam hingga memarahinya secara berlebihan. 

Begini Cara Menghadapi Anak Nakal Paling Tepat

Anak nakal pada umumnya memiliki beberapa faktor penyebab. Bisa jadi anak tersebut membutuhkan perhatian dan pertolongan dari Anda sebagai orangtua. Sehingga memicu sikap anak yang terlewat batas seperti anak seumurannya. Tips menghadapi anak yang nakal dapat dengan hal berikut. 

1. Memberi Pengertian 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memberi pengertian kepada anak bahwa bersikap nakal adalah perbuatan yang tak terpuji. Tegurlah ketika Ia membantah dan jelaskan kepadanya bahwa Anda mengerti perasaan mereka.  

Ketika anak marah, Anda bisa meredamnya dengan menyuruhnya bernafas dalam-dalam sebanyak 10 kali, setelah anak tersebut tenang maka ajak Anda berdiskusi. Karena anak tak sepenuhnya bisa meluapkan kemarahannya dan mengungkapkan apa yang dirasakannya. 

2. Memberikan Batasan Tanpa Kekangan

Memberikan waktu anak untuk memilih sesuai dengan usianya. Memberikan waktu untuk bersantai setelah padatnya jadwal. Namun Anda harus menekankan batasan yang harus mereka patuhi.

Hal tersebut untuk membatasi agar mereka tidak semakin bebas dan memanipulasi Anda. Selain itu, juga harus konsisten dengan peraturan yang Anda terapkan tersebut. 

3. Memberikan Kasih Sayang dengan Ketegasan

Selanjutnya Anda tunjukkan kasih sayang kepada anak namun tetap tegas. Ketika Anda menolak permintaannya, Ia juga harus belajar mengatasi kekecewaannya.

Anda memberitahukan kepada Anak untuk tidak meminta hal tersebut atau memberikan pilihan yang lainnya. Cara ini merupakan cara untuk menangani anak nakal

4. Mencari Permasalahan Anak

Cara menghadapi anak nakal adalah mencari permasalah yang mereka hadapi. Sebagai orangtua, Anda juga harus mencari tahu permasalahan anak sehingga Ia bersikap tidak wajar. Sikap nakal pada anak biasanya dipicu banyak faktor.

Lihat juga : 9 Permasalahan Psikis Anak Usia Sekolah Dasar

Mencari permasalahan serta mendiskusikan dengan guru di sekolah untuk menjadi pertimbangan dalam memberikan solusi terbaik dan membimbing anak tersebut. 

5. Mengajari Anak Untuk Menghadapi Konsekuensi

Selanjutnya adalah mengajari anak menghadapi konsekuensi dari perlakuan nakalnya. Lakukan sesuatu yang membuatnya jera namun tetap mengedepankan pendidikan. Sehingga anak mau bertanggung jawab akan semua perbuatannya. 

6. Memberikan Teladan Yang Baik

Anak akan meniru segala yang diperbuat orangtuanya. Sebagai teladan yang baik, Anda juga harus menunjukkan bahwa Anda memberikan contoh yang baik dalam keseharian. Begitu juga ketika Ia melakukan hal yang baik, beri support dan pujian, agar kedepannya lebih semangat kembali berbuat kebaikan. Itulah cara menghadapi anak nakal secara tepat.